Share

RI Rawat 7.668 Pasien Covid-19, Menkes Ungkap Kapasitas Tempat Isolasi yang Tersedia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 18:44 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk tidak khawatir berlebihan terkait lonjakan kasus Covid-19, termasuk Omicron. Puncak kasus Covid-19 diperkirakan terjadi pada Februari-Maret 2022 yang disebut sebagai gelombang ketiga. 

Dalam Konferensi Pers Kesiapan Gelombang Ketiga Covid-19 yang disiarkan secara langsung di channel YouTube Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kamis (27/1/2022), Menkes menjelaskan mengenai situasi dan kesiapan pemerintah dalam menghadapi gelombang ketiga Covid-19 yang diprediksi akan terjadi beberapa minggu ke depan.

Tempat Isolasi Pasien Covid-19

“Saat ini jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di seluruh Indonesia berjumlah 7.688 orang. Saat ini total tempat tidur isolasi yang sudah siap dipakai oleh pasien Covid-19 ada sekira 80 ribuan di seluruh Indonesia,” kata Menkes Budi, dalam penjelasannya.

Alhasil saat ini jumlah pasien yang dirawat di ruang isolasi masih berada di bawah 10 persen dari total kapasitas tempat tidur yang tersedia di Indonesia. Artinya saat ini pemerintah masih memiliki banyak tempat tidur yang tersedia untuk merawat para pasien Covid-19.

“Sebanyak 80 ribu itu tempat isolasi yang ada sekarang, pada saat Covid-19 naik, maka bisa ditingkatkan menjadi 120-130 ribu tempat tidur. Jadi 80 tempat tidur ini hanya yang sudah standby dan bisa langsung dipergunakan saat ini. Sisanya masih bisa ditambah,” tuntasnya.

(hel)