Share

Cara Mengenali Penyebab Radang pada Organ Vital Wanita

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 12:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting, terlebih pada masa pandemi ini. Banyak orang yang sekarang mulai memperhatikan kondisi semua bagian dalam tubuhnya. Tidak terkecuali bagian vital.

Dalam episode terbaru podcast Kata Dokter, dr. Nadia Alaydrus menjelaskan tentang penyakit yang biasa menyerang alat vital wanita, yakni vaginitis. Berdasarkan namanya yang menggunakan -itis di bagian belakang katanya, ini merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada bagian vagina.

Miss V

“Biasanya tandanya itu kemerahan, nyeri, terus juga ada rasa panas”, jelas dr. Nadia. Ketika radang tersebut menyerang vagina, maka efek yang menyertainya ialah keputihan. Dari ciri-ciri keputihan tersebut, bisa diketahui juga penyebab radang tersebut.

Jika ciri-ciri keputihannya hijau, agak bau dan nyeri, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah bakteri atau parasit. Selanjutnya dr. Nadia juga menjelaskan penyebab karena jamur dengan ciri-ciri, “keputihan yang agak bergumpal dan juga gatal-gatal.”

Selanjutnya dr. Nadia juga menjelaskan kasus vagina yang berbelatung, yang videonya sempat viral belakangan ini. Selengkapnya dapat pembaca dengar di Podcast Kata Dokter episode 49 yang dapat didengarkan gratis di AUDIO+ di aplikasi RCTI+. #podcast #nadiaalaydrus #vagina #radang

(hel)