Share

Aktor Cilik Matthew White Meninggal, Kenapa Anak Bisa Terkena Diabetes?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 08:30 WIB
$detail['images_title']
Matthew White bersama Prilly Latuconsina (Foto: @official.mattwhite)/Instagram)

BINTANG film Danur, Matthew White meninggal dunia di usia 12 tahun. Aktor muda lawan main Prilly Latuconsina di film Danur tersebut meninggal karena penyakit diabetes.

Identik dengan penyakitnya orang dewasa, lantas Lantas, kenapa anak bisa terkena diabetes?

Pada anak-anak dan remaja, umumnya diabetes yang paling banyak dialami adalah diabetes tipe 1. Dikutip dari situs Mayoclinic, Diabetes tipe 1 pada anak adalah suatu kondisi tubuh mereka tidak lagi memproduksi hormon penting (insulin).

Anak membutuhkan insulin untuk bertahan hidup, sehingga insulin yang hilang perlu diganti dengan suntikan atau pompa insulin. Berikut penyebab diabetes tipe 1 pada anak yang dilansir dari Mayoclinic, Selasa (25/1/2022).

Penyebab Diabetes Tipe 1 pada Anak

Penyebab Diabetes pada Anak

Penyebab pasti dari diabetes tipe 1 belum diketahui. Tetapi pada kebanyakan orang dengan diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh (yang biasanya melawan bakteri dan virus berbahaya) secara keliru menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas. Faktor genetik dan lingkungan tampaknya berperan dalam proses ini.

Setelah sel-sel di pankreas dihancurkan, anak menghasilkan sedikit atau tidak sama sekali insulin. Insulin melakukan pekerjaan penting untuk memindahkan gula (glukosa) dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Gula memasuki aliran darah saat makanan dicerna.

Tanpa cukup insulin, gula menumpuk di aliran darah anak yang dapat menyebabkan komplikasi mengancam jiwa jika tidak ditangani. 

Baca Juga : Bintang Film Danur Matthew White Meninggal Dunia di Usia 12 Tahun

Baca Juga : Matthew White Meninggal Dunia, Prilly Latuconsina: Kamu Sudah Enggak Sakit Lagi

1. Sejarah keluarga

Siapa pun yang memiliki orangtua atau saudara kandung dengan diabetes tipe 1 memiliki risiko sedikit lebih tinggi terkena kondisi tersebut.

2. Genetika

Gen tertentu menunjukkan peningkatan risiko diabetes tipe 1.

3. Ras

Di Amerika Serikat, diabetes tipe 1 lebih sering terjadi pada anak kulit putih keturunan non-hispanik dibandingkan pada anak-anak dari ras lain.

4. Virus tertentu

Paparan berbagai virus dapat memicu kerusakan autoimun dari sel-sel di pankreas. Umumnya dokter dapat mendeteksi antibodi yang terkait dengan diabetes tipe 1 pada anak-anak yang berisiko tinggi mengalami gangguan tersebut.

Antibodi ini dapat dideteksi berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum gejala pertama diabetes tipe 1 muncul, tetapi saat ini tidak ada cara yang diketahui untuk memperlambat atau mencegah penyakit saat antibodi ditemukan. Penting juga untuk diketahui bahwa tidak semua orang dengan antibodi ini terus mengembangkan diabetes tipe 1.

1
2