Share

5 Manfaat Wortel untuk Kesuburan Pria, Makin Greng di Ranjang!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 21:00 WIB
$detail['images_title']
5 Manfaat Wortel untuk Kesuburan Pria (Foto: Healthline)

5 MANFAAT wortel untuk kesuburan pria ini bisa buat pria makin greng di ranjang. Ya, wortel tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, tetapi juga kesuburan pria. 

Wortel adalah sumber nutrisi yang kaya akan antioksidan, nutrisi penting seperti vitamin E dan beta-karoten. Selama ini wortel telah dikaitkan dengan kesehatan mata.  Tetapi wortel juga memiliki efek pada kesehatan pria secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa cara di mana konsumsi wortel secara teratur dapat membantu pria meningkatkan kesuburannya, sebagaimana dilansir dari laman Thehealthsite dan Healthline pada Kamis (13/1/2022).

Bantu pembentukan air mani

5 Manfaat Wortel untuk Kesuburan Pria

(5 Manfaat Wortel untuk Kesuburan Pria, Foto: Healthline)

Dikutip dari Healthline, dr Reza Fahlevi mengatakan, vitamin A dan antioksidan yang terkandung pada wortel ampuh menangkal radikal bebas. Perlu diketahui, radikal bebas ini dapat menghambat pembentukan air mani.

"Mengonsumsi antioksidan yang cukup itu penting untuk kesuburan. Vitamin A juga penting untuk perkembangan organ reproduksi sehingga meningkatkan kesuburan," jelasnya.

Baca Juga : Simak Cara Mudah Tanam Wortel di Rumah!

Meningkatkan jumlah sperma dan kualitasnya 

Karena kaya akan antioksidan, vitamin E dan beta-karoten, ini membantu mencegah kerusakan sperma dan meningkatkan kesehatan sperma. Nutrisi dalam wortel membantu meningkatkan jumlah sperma dan juga menjaga kesehatan sperma pada pria.

Studi menunjukkan bahwa pria yang makan wortel secara teratur mampu menghasilkan lebih banyak sperma dan kualitasnya lebih baik. Sperma ini memiliki mobilitas yang lebih baik (kemampuan berenang lebih cepat) dan membantu pembuahan juga.

Baca Juga : Khasiat Jus Wortel, Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Kesehatan Jantung

Membantu mengatasi disfungsi ereksi

Seiring bertambahnya usia pria, ia mengalami DE dalam satu atau lain cara, meskipun tingkat keparahan kondisinya mungkin berbeda dari satu pria ke pria lainnya. Biasanya, kadar kalium yang rendah dan kadar vitamin E yang berkurang dikaitkan dengan munculnya disfungsi ereksi.

Selain itu, penyempitan pembuluh darah yang menghambat kelancaran peredaran darah juga bisa menjadi salah satu penyebab kondisi ini. Diet kaya potasium dan vitamin E dapat membantu melawan gejala DE.

Wortel mengandung jumlah potasium dan Vitamin E yang baik dan dapat membantu melengkapi diet Anda dengan mineral dan vitamin esensial sehingga mengurangi efek DE. Antioksidan dalam wortel juga memperlambat proses penuaan dan dengan demikian membantu disfungsi ereksi terkait usia.

Menjaga kesehatan kelenjar prostat 

5 Manfaat Wortel untuk Kesuburan Pria

(5 Manfaat Wortel untuk Kesuburan Pria, Foto: Healthline)

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pria dengan kanker prostat memiliki kadar vitamin A yang rendah. Begitu banyak ahli menyarankan bahwa pria yang mengonsumsi vitamin A dan antioksidan dalam jumlah yang cukup selama masa mudanya memiliki kemungkinan lebih kecil terkena kanker prostat.

Jadi, konsumsi wortel bisa membantu. Jadi, para pria bisa memastikan bahwa Anda akan mengunyah wortel dan menambahkannya ke makanan favorit yang biasanya Anda konsumsi sehari-hari.

Meningkatkan fungsi kesehatan secara keseluruhan

Wortel kaya akan serat dan membantu pergerakan usus yang mudah sehingga membantu mencegah sembelit. Antioksidan dan vitamin dalam wortel dapat memberikan cahaya pada kulit dan mendorong penuaan dini.

Ya, para pria, Anda bisa terlihat lebih muda jika rutin mengunyah wortel. Nutrisi ini juga memperlambat proses penuaan dan bisa membuat pria terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

1
2