Share

3 Manfaat Lavandin si Persilangan Lavender dengan Aspic

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 22:46 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Instagram)

MINYAK esensial paling banyak diminati karena mengandung banyak manfaat. Selain lavender, minyak esensial lavandin juga banyak digunakan loh.

Punya penyebutan yang mirip, lavender dan lavandin nyatanya punya manfaat berbeda. Lavandin merupakan tanaman hibrida yang telah dibudidaya sejak 1900.

Lavandin merupakan hasil persilangan lavender murni (Lavandula angustifolia) dengan spike lavender atau aspic (Lavandula latifolia) dan berukuran lebih besar dari lavender dengan batang berkayu dan bunga berwarna biru atau abu-abu.

Co Founder Lavandin Provence Indonesia dr Rininta Christabella menjelaskan, lavandin bukanlah lavender. Lavandin 100 persen tak ada alkoholnya jadi aman untuk ibu hamil menyusui atau bayi.

 Lavandin

"Kalau lavender biasanya untuk mngeluarkan baunya kita harus campur dengan sedikit alkohol," katanya. 

dr Bella mengatakan bahwa lavandin tak hanya digunakan sebagai minyak esensial untuk relaksasi, tapi juga punya manfaat terapiotik. 

Lebih lanjut berikut adalah ulasan tiga manfaatnya yang perlu Anda ketahui.

Meredakan gigitan serangga

"Lavandin bersifat anti-pembengkakan misalnya bisa meredakan gigitan serangga, nyamuk," ucapnya.

dr Bella menuturkan, di indonesia beberapa orang beli lavandin oil untuk anak supaya tidak digigit nyamuk, tapi bagusnya dicampur dengan lotion.

Meredakan perdarahan

Lavandin juga membantu meredakan sgala jenis pendarahan atau peradangan skala kecil, loh.

"Sebagian pernah mencoba, saat anaknya mimisan memakai lavandin dan bantu meredakan," kata sang dokter.

Relaksasi otot

Sangat cocok bila Anda memakai minyak lavandin untuk pijat. Karena minyak ini membantu melaksasi otot yang kaku atau tegang akibat padatnya beraktivitas.

"Saya pernah beli untuk relaksasi pijat dan berendam dengan air hangat. Relaksasi banget, ternyata ktika saya ada sedikit jerawat saya totol ternyata efek inflamasinya memang bagus," tambahnya.

1
2