Share

Pakar Kesehatan Sebut Potensi Mutasi Covid-19 Sangat Besar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 31 Desember 2021 13:44 WIB
$detail['images_title']
Pandemi Covid-19 (Foto: The scientist)

PAKAR Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i mengatakan bahwa potensi munculnya varian baru Covid-19 seperti Omicron dan mungkin beberapa varian lainnya sangatlah besar.

Ia menjelaskan, biasanya varian baru tersebut muncul pada sejumlah daerah dengan tingkat vaksinasi yang rendah, penularannya tinggi, tingkat surveilans atau isolasi karantinanya tidak terlalu kuat.

mutasi Covid-19

"Jadi virus itu bermutasi karena menular satu sama lain. Karena banyak penularan maka semakin banyak mutasi tersebut," kata dr. Fajri, saat diwawancarai MNC Portal, Jumat (31/12/2021).

Di tengah munculnya mutasi baru Covid-19, namun kasus di Indonesia masih cenderung stabil. Tapi pandemi secara global ditentukan oleh banyak sekali faktor. Sehingga akan sangat susah untuk memprediksinya.

Namun menurut dr. Fajri, situasi Covid-19 di dunia mungkin saja bisa lebih tenang jika syarat utamanya bisa terpenuhi.

"Jika vaksinasi full dosis bisa sampai 70 persen (seluruh dunia). Minimal di pertengahan tahun depan mungkin saja bisa terkendali. Jadi Covid-19 itu adalah dunia bukan hanya Indonesia saja," tambahnya.

Ia menambahkan bahwa saat ini Indonesia mungkin bisa mengurangi angka kasus Covid-19. Namun tetap saja saat ini Indonesia terkena dampaknya dari negara lain.

Baca juga: Indonesia Diprediksi Baru Bisa Keluar dari Pandemi November 2022

"Jadi susah nggak bisa di Indonesia saja, pasti berkaitan dengan negara lain," tutupnya.

(DRM)