Share

Camilan MPASI Bayi Juga Perlu Vitamin D Loh

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 30 Desember 2021 19:08 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Magazine)

MEMBERI camilan pada bayi yang sudah mendapat MPASI banyak manfaatnya loh, Moms. Tak sekadar melengkapi asupan gizi, namun juga si kecil bisa membantu anak mengenal variasi makanan hingga belajar eksplorasi.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, saat bayi sudah memasuki fase MPASI, orangtua harus memberi asupan nutrisi terbaik. Si kecil harus mendapatkan nutrisi penting seperti nutrisi makro (protein, karbohidrat, lemak) yang berasal dari beras, biji-bijian, susu, dan daging.

"Termasuk camilannya, karena bayi juga perlu ntrisi mikro seperti zat besi, kalsium, dan vitamin D yang bisa didapatkan dari telur, sayuran, dan buah," kata dr. Muliaman dalam keterangan resmi Milna.

 mpasi

Orangtua perlu memberikan bayi camilan yang bergizi mulai usia 6 bulan. Berikan snack di sela-sela jam makannya, minimal 2-3 kali sehari.

Tentu saja tekstur dan rasa harus diberikan dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Saat anak ngemil, mereka juga berkesempatan untuk mengenal makanan yang lebih bervariasi.

"Camilan juga bisa menambah jumlah vitamin dan nutrisi dalam makanannya, serta menjaga energinya agar dia bisa bermain, bereksplorasi, dan belajar," tambahnya.

dr Muliaman menambahkan, camilan yang tepat untuk bayi 6 bulan yakni biskuit. Pemberian biskuit bayi ini bisa membantu menstimulasi pertumbuhan gigi dan mengandung

Jika si kecil bosan, Anda juga bisa mengganti puree buah alami atau kemasan yang sangat praktis.

Sementara untuk bayi 8 bulan, tentu orangtua bisa mengubah tekstur camilan. Anda bisa member puff atau rice crackers karena si kecil sudah mulai bisa menggenggam dan memindahkan sesuatu di kedua tangannya.

"Di periode ini orangtua bisa memperkenalkan camilan yang bisa melatih perkembangan motoriknya. Misalnya berlatih menggenggam dengan finger food," tutupnya.

1
2