Share

5 Tips Hidup Sehat yang Bisa Buat Umur Anda Panjang

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 29 Desember 2021 18:04 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA pandemi Covid-19 sebagian masyarakat sadar untuk menerapkan gaya hidup sehat. Kesadaran ini pun perlu diterapkan hingga 2022 mendatang.

Dalam survei global terbaru yang dilakukan oleh Herbalife Nutrition dan The Council for Responsible Nutrition (CRN) melalui OnePoll dengan melibatkan sebanyak 13.000 orang responden, menemukan bahwa sebanyak 89% responden menyatakan bahwa mereka sedang mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Sebagai hasil dari perubahan positif yang mereka lakukan tersebut, lebih dari 50% dari responden mengatakan bahwa mereka sekarang dapat berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah, dan 48% telah berhasil mengecilkan ukuran pinggang mereka.

Chief Health and Nutrition Officer at Herbalife Nutrition, Dr. Kent Bradley punya tips agar Anda tak malas untuk menerapkan gaya hidup sehat. Apa saja ya?

1. Makan dengan nutrisi seimbang

 makan

Masak makanan sehat tak sulit kok. Dr Kent berujar, saat ingin makan sehat perbanyak ide untuk masak.

"Ada ratusan situs web dan video instruksional yang menawarkan tutorial, dan Anda dapat menemukan resep untuk hampir semua bahan yang sesuai dengan selera atau diet apa pun, apakah itu paleo, vegetarian, atau vegan. Dari internet anda dapat menemukan menu makanan baru yang lezat dan sehat," ujar Dr Kent dalam keterangannya.

2. Hindari junk food

 

Keseringan mengonsumsi junk food bisa membawa risiko buruk untuk kesehatan. Segeralah untuk menghilangkan makanan cepat saji atau junk food dari daftar makanan Anda.

Berhematlah untuk tak membeli junk food dan alihkan uangnya untuk hal lain.

Rahasianya adalah jika Anda ingin selalu makan makanan sehat, harus selalu menyediakan stok bahan makanan sehat dan alami di rumah. Maka sebelum belanja buatlah list untuk pergi ke pasar atau supermarket yang sangat memudahkan Anda.


3. Rutin berolahraga

 olahraga

Memulai rutinitas kebugaran atau aktivitas olahraga pada saat ini mungkin masih menakutkan. Saat ini ada beberapa aplikasi yang dapat mendukung aktivitas kebugaran. Anda bisa ikut kelas olahraga virtual yang tak kalah menyenangkan. Seperti yoga, zumba, aerobik dan sebagainya.

4. Konsumsi vitamin atau suplemen    

Suplemen dapat membantu mengisi kekurangan nutrisi serta dapat menjaga kekebalan tubuh Anda. Sayangnya banyak orang yang masih belum peduli dengan hal ini.

Berdasar hasil survei, banyak responden berencana untuk memasukkan lebih banyak vitamin dan suplemen ke dalam makanan mereka dan hanya 69% responden yang merasa memiliki pengetahuan tentang manfaat kesehatan yang dihasilkan oleh vitamin dan suplemen.

Akan tetapi, 77% responden menyampaikan juga bahwa mereka ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat kesehatan dari vitamin dan suplemen untuk dikombinasikan ke dalam gaya hidup sehat mereka.

Jika anda membutuhkan lebih banyak informasi mengenai bagaimana vitamin dan suplemen dapat membantu kebutuhan Anda, Anda dapat menghubungi atau berkonsultansi dengan ahli yang Anda kenal,” ujar Dr Kent.

5. Tidur cukup

Mulai sekarang hindari kebiasaan buruk begadang. Karena tidur cukup selama 8 jam membawa manfaat besar. Sementara itu, jika terbiasa begadang bisa menyebabkan peningkatan nafsu makan yang dapat dengan cepat menggagalkan tujuan gaya hidup sehat Anda.

1
2