Share

5 Obat Alami Penyakit Cacar Air, Hilang Tanpa Bekas di Kulit!

Hasyim Ashari, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 07:00 WIB
$detail['images_title']
Gel lidah buaya (Foto : Timesofindia)

PENYAKIT cacar adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster, biasanya diderita oleh anak-anak di bawah 10 tahun, meski juga tak jarang menyerang orang dewasa. Gejalanya adalah muncul ruam-ruam pada kulit disertai dengan demam.

Bekas cacar air di kulit sulit untuk dihilangkan. Tentu membuat tidak percaya diri dengan penampilan, apalagi bila bekasnya ada di wajah. Tapi tenang saja, ada cara menyembuhkan penyakit cacar hingga tak berbekas hanya dengan menggunakan bahan-bahan dapur. Berikut 5 obat alami yang ampuh mengobati penyakit cacar air:

1. Madu

Madu

Madu adalah humektan alami dan obat terbaik untuk luka yang gatal yang diakibatkan oleh cacar air. Madu tidak hanya akan mengurangi keinginan untuk menggaruk tetapi juga membantu mengurangi kemerahan pada cacar air.

Caranya, oleskan madu pada area yang terkena cacar air. Biarkan selama setidaknya 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air mengalir atau bersihkan dengan lembut dengan tisu atau kain basah. Oleskan madu dua kali sehari pada ruam.

Baca Juga : Kena Cacar Air Enggak Boleh Mandi, Mitos atau Fakta?

2. Minyak vitamin E

Minyak vitamin E mampun menghidrasi kulit dan mengangkat sel kulit mati dan gelap dari permukaan. Selain itu, vitamin E juga memberikan efek anti-inflamasi pada kulit yang terinfeksi dan menyembuhkan ruam dengan antioksidannya. Jika digunakan pada tahap awal cacar air, minyak ini akan membantu menghindari pembentukan bekas luka.

Caranya, tusuk beberapa kapsul dan tuangkan minyak yang ada di dalamnya. Setelah itu, oleskan minyak ini pada ruam dan bekas cacar air.

3. Mandi soda kue

Soda kue membantu menenangkan ruam yang gatal dan meradang pada kulit Anda. Soda kue juga bersifat antimikroba dan membantu pemulihan lebih cepat dari cacar air. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menambahkan cairan antiseptik seperti Dettol ke dalam bak mandi dan berendam di dalamnya selama beberapa menit.

Caranya, tambahkan satu cangkir soda kue ke dalam air di bak mandi dan berendam selama 10 hingga 12 menit. Lakukan hal ini setiap hari.

4. Gel lidah buaya

Lidah Buaya

Gel lidah buaya menenangkan dan mendinginkan kulit yang meradang dan gatal selama cacar air. Ini melembabkan kulit, memiliki sifat anti-inflamasi, dan membantu mengurangi rasa gatal. Obat ini juga aman digunakan untuk cacar air pada bayi.

Caranya, iris daun lidah buaya ke samping dan ambil gel yang ada di dalamnya. Pidahkan ke wadah kedap udara. Oleskan gel segar ini pada ruam, biarkan hingga meresap ke kulit. Simpan sisa gel di lemari es dan oleskan kembali sekitar 2 sampai 3 kali.

5. Air rebusan daun jambu biji

Daun jambu biji sering digunakan dalam pengobatan Cina untuk infeksi dan iritasi kulit. Pasalnya, daun jambu biji kaya akan vitamin C dan juga memiliki sifat antimikroba. Selain itu, daun jambu biji dapat membantu mengurangi ruam cacar air dan juga mencegah mikroba untuk berkembang biak karena kandungan vitamin C-nya.

Caranya, rebus daun jambu biji selama 10 hingga 15 menit. Saring cairannya dan tambahkan madu secukupnya. Lalu minum air rebusan jambu biji ini selagi hangat. Minumlah 2 sampai 3 gelas air rebusan jambu biji dalam sehari.

1
2