Share

Heboh Varian Gabungan Delta dan Omicron Bernama Delmicron, Ini Faktanya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 25 Desember 2021 11:16 WIB
$detail['images_title']
Pandemi Covid-19 (Foto: Pixabay)

SECARA mengejutkan, beredar kabar kini muncul varian baru Covid-19 lagi bernama Delmicron. Varian itu dipercaya gabungan antara varian Delta dan Omicron.

Menurut laporan Times of India, varian Delmicron sendiri dipercaya banyak ditemukan di Amerika Serikat dan Eropa. Bahkan, varian gabungan tersebut dianggap menjadi penyebab tsunami Covid-19 di negara-negara Barat.

Menjadi pertanyaan sekarang, apakah varian Delmicron termasuk varian baru? Laman Wionews menjelaskan bahwa itu bukan varian baru, karena Delmicron terbentuk dari gabungan varian Delta dan Omicron.

 Pandemi Covid-19

Kemudian, memangnya bisa Delta dan Omicron bersatu dan menjadi varian lainnya?

Kepala Petugas Medis Moderna, Paul Burton, mengatakan bahwa Omicron dan Delta sangat bisa bersatu dan menciptakan masalah baru yang lebih serius dan berbahaya. Pernyataannya ini muncul ketika dia berbicara dengan komite sains dan teknologi di Parlemen Inggris, belum lama ini.

Seorang ahli menambahkan, ada kemungkinan Delta dan Omicron bertukar gen dan memicu lahirnya varian yang lebih berbahaya. "Peristiwa ini secara ilmiah disebut dengan 'recombination events'," terang laporan media asing tersebut, dikutip MNC Portal, Sabtu (25/12/2021).

Lantas, apakah ada kekhasan gejala dari Delmicron?

Dijelaskan di sana bahwa gejala yang muncul dari infeksi Delmicron adalah gabungan antara gejala Delta dengan Omicron. Tapi, masih banyak peneliti yang mengatakan diperlukan lebih banyak studi untuk mengungkapkan varian ini secara gamblang.

 Baca juga: Kasus Omicron Bertambah 11, Apakah Akan Ada Pembatasan Lagi?

Berikut beberapa gejala khas Delmicron:

1. Suhu badan tinggi

2. Batuk terus-menerus

3. Kehilangan kemampuan indera penciuman dan perasa

4. Sakit kepala

5. Pilek

6. Sakit tenggorokan

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)