Share

Heboh Vaksin Covid-19 Berisi Cairan Iblis Sebabkan Kematian, Ini Faktanya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 10:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

BELUM lama ini beredar unggahan di akun media sosial Facebook yang menyebut bahwa dalam kandungan vaksin Covid-19 terdapat cairan iblis yang akan membuat orang yang telah divaksin meninggal dunia.

Kabarnya, cairan iblis tersebut sengaja dibuat untuk depopulasi jumlah penduduk Indonesia. Saat ini, informasi tersebut telah beredar luas di masyarakat dan menimbulkan banyak tanda tanya.

Ceki Fakta

Baca Juga : Ilmuwan Peringatkan Vaksinasi Mingguan Guna Cegah Lockdown, Ini Faktanya!

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Rabu (22/12/2021), memastikan bahwa informasi yang beredar di media sosial tersebut adalah hoax, atau tidak benar.

Baca Juga : Cek Fakta: Alat Swab Tes Bisa Sebabkan Kanker?

Cek Fakta

Informasi serupa sudah pernah beredar dengan narasi senada beberapa waktu lalu. Padahal berdasarkan data pada situs Katadata.id pada 8 September 2021, risiko kematian akibat Covid-19 turun hingga 37 persen bagi mereka yang telah mendapatkan satu dosis vaksin.

Sedangkan untuk risiko kematian turun hingga 73 persen bagi orang yang telah mendapatkan dua dosis vaksin. Oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk tidak mudah percaya akan informasi yang beredar melalui media sosial atau broadcast pesan.

(hel)