Share

Susul Moderna dan Pfizer, AstraZeneca Siapkan Vaksin Covid-19 Khusus Lawan Omicron

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 08:10 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

SALAH satu produsen vaksin Covid-19, AstraZeneca mengumumkan proyek terbarunya terkait vaksin untuk varian Omicron, varian baru yang disebut-sebut jauh lebih menular daripada varian Delta.

Sebagaimana dilapor Reuters, Kamis (23/12/2021) pada Selasa 21 Desember kemarin, AstraZeneca Plc mengungkapkan mereka saat ini sedang bekerjasama dengan Universitas Oxford untuk memproduksi vaksin COVID-19 spesifik khusus untuk varian Omicron.

AstraZeneca

“Bersama dengan Universitas Oxford, kami telah mengambil langkah awal dalam memproduksi vaksin varian Omicron. Jika diperlukan dan akan diinformasikan oleh data yang ada," kata juru bicara AstraZeneca.

Baca Juga : Benarkah Varian Omicron Sudah Ada Obatnya?

Sementara itu, Sandy Douglas, pemimpin kelompok riset di Oxford mengatakan pada The Financial Times jika vaksin jenis adenovirus, contohnya seperti yang dibuat oleh Oxford-AstraZeneca dinilai bisa melindungi dari varian Omicron.

"Vaksin berbasis adenovirus pada prinsipnya bisa digunakan untuk menanggapi varian baru lebih cepat daripada yang dikira sebelumnya,” kata Sandy kepada FT.

Baca Juga : Lawan Omicron, Mana Vaksin Booster Terbaik: Pfizer atau Moderna?

Sebelum AstraZeneca, sebelumnya para produsen vaksin Covid-19 lainnya seperti Pfizer/BioNTech dan Moderna, menyiarkan pada publik bahwa mereka sedang membuat vaksin spesifik untuk perlawanan dan perlindungan terhadap varian Omicron. Bahkan Moderna Inc, menuturkan diekspektasikan vaksin khusus Omicron ini diharapkan sudah bisa masuk tahap uji klinis pada awal 2022.

(hel)