Share

Peneliti Sebut Nonton Film di Bioskop Aman dari Covid-19, Ini Alasannya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 16 Desember 2021 10:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

BENARKAH nonton film di bioskop rawan penularan Covid-19? Seorang peneliti punya pandangan berbeda, seperti apa penjelasannya?

Studi yang dilakukan Fraunhofer Institute for Building Physics (Fraunhofer IBP) di Jerman, menemukan bahwa ventilasi bioskop cukup memastikan kecil kemungkinan terjadi penyebaran Covid-19 di dalam studio.

Studi yang diberi nama 'CineCov' itu dilakukan untuk menguji penyebaran partikel aerosol di dalam studio bioskop. Temuan ini melengkapi kebijakan di Jerman yang membuka bioskop lebih dulu dibandingkan restoran atau hotel.

Nonton Film di Bioskop

"Tidak ada penyebaran Covid-19 hingga saat ini yang terlacak di bioskop di mana pun di dunia dan ventilasi yang baik yang terpasang di bioskop adalah salah satu kunci faktornya," terang laporan di laman Celluloid Junkie yang dikutip MNC Portal, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga : Bioskop Beroperasi dengan Kapasitas 70 persen. Ketua GPBSI : Tidak Ada Klaster Covid-19

Studi ini bukan hanya memastikan bioskop aman dari paparan Covid-19, tetapi sebagai sumber referensi bagaimana menciptakan ruangan yang aman dan bisa meminimalkan risiko paparan Covid-19 di dalam ruangan.

Baca Juga : Ingin Main ke Mal dan Bioskop, Patuhi Yuk 8 Prokes Ini

Bagaimana studi dilakukan?

Studi yang didanai oleh Komisioner Pemerintah Federal Jerman untuk Kebudayaan dan Media (BKM) itu dilakukan di dalam bioskop Neues Rex di Munich. Peneliti mengukur secara komprehensif dan selalu mengevaluasi setiap skenario yang dibuat secara berbeda-beda melalui stimulus fisik.

"Temuannya adalah bahwa setiap aerosol yang dikeluarkan penonton bioskop akan dengan cepat dimusnahkan oleh sistem ventilasi yang dipasang di bioskop," kata Profesor Gunner Grün, manajer proyek CineCov ini.

Dengan temuan tersebut, sambungnya, artinya setiap ada aerosol yang berpotensi menyebar ke orang lain akan segera dihancurkan oleh sistem ventilasi bioskop, dengan begitu risiko penularan sangatlah kecil.

Studi lebih lanjut sedang dilakukan di Trifthof Cinema Center di Weilheim, Upper Bavaria. Studi ini untuk menguji mana yang lebih efektif antara alat pemurnian udara atau pembersihan permukaan dalam upaya meminimalisir risiko penyebaran di dalam bioskop.

(hel)