Share

5 Alasan Ibu Hamil Perlu Rajin Makan Semangka

Hasyim Ashari, Jurnalis · Kamis 16 Desember 2021 08:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

MAKANAN sehat penting dikonsumsi oleh ibu hamil, termasuk buah-buahan. Selain kesehatan ibu hamil, buah-buahan juga asupan penting dalam mendukung tumbuh kembang bayi.

Salah satu buah yang baik saat masa kehamilan adalah semangka. Sebab,  semangka mengandung air sekitar 91 persen yang tentunya sangat baik bagi ibu hamil.

Namun, bukan berarti air tersebut bisa mengurangi kandungan vitamin lain yang terkandung di dalam semangka. Di dalam buah berwarna merah ini, masih banyak mengandung nutrisi lainnya seperti mineral, antioksidan dan vitamin yang diperlukan tubuh. Berikut 5 manfaat semangka untuk ibu hamil:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Semangka

Manfaat semangka untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit. Hal ini karena karena semangka banyak mengandung vitamin C dan antioksidan.

Vitamin C efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sementara antioksidan berperan untuk menangkal zat-zat berbahaya dari lingkungan agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Suka Makan Semangka, Ini 4 Kebaikan yang Bisa Didapat

2. Mengurangi keram otot

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami berbagai macam perubahan. Kelebihan berat badan dan hormon menyebabkan otot dan tulang terasa sakit.

Mengonsumsi semangka dalam bentuk apa pun dapat membantu tubuh mengatasi perubahan ini dengan lebih baik dan meredakan kram otot.

Baca Juga : Manfaat Makan Semangka untuk Kesehatan, Cegah Asma hingga Hipertensi

3. Mengurangi pembekakan di kaki dan tangan

Edema, atau pembengkakan ringan pada kaki dan tangan, sangat umum terjadi selama kehamilan. Semangka dengan kandungan airnya yang tinggi mengurangi penyumbatan di pembuluh darah dan otot dan dengan demikian membantu mencegah edema.

4. Mengurangi Morning Sickness

Semangka

Manfaat buah semangka untuk bumil selanjutnya adalah membantu mengatasi morning sickness yaitu kondisi mual dan muntah di pagi hari. Kondisi ini seringkali dialami oleh ibu hamil, terutama di masa kehamilan trimester pertama.

Morning sickness dapat diatasi dengan mengonsumsi kalium. Selain dari suplemen, kalium juga dapat diperoleh dari buah-buahan seperti semangka.

5. Mencegah dehidrasi

Semua ibu hamil disarankan untuk banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi prematur dan menyebabkan kelahiran prematur.

Semangka mengandung lebih dari 90 persen air dan memakannya adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi.

1
2