Share

Selain Kecelakaan Seperti Laura Anna, Kanker Juga Bisa Sebabkan Spinal Cord Injury Loh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 15 Desember 2021 13:44 WIB
$detail['images_title']
Laura Anna. (Foto: Instagram)

SELEBGRAM cantik Edelenyi Laura Anna akhirnya menutup usia setelah berjuang mengatasi spinal cord injury (SCI) yang dia derita. Penyakit tersebut terjadi setelah dia mengalami kecelakaan mobil bersama mantan kekasihnya Gaga Muhammad.

SCI atau dikenal dengan cedera sumsum tulang belakang dapat terjadi karena pukulan traumatis secara tiba-tiba pada tulang belakang yang membuatnya patah, terkilir, remuk, atau menekan satu atau lebih tulang belakang. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat luka tembak atau pisau yang menembus dan memotong sumsum tulang belakang seseorang.

Merangkum dari Mayo Clinic, cedera sumsum tulang belakang dapat terjadi akibat kerusakan pada tulang belakang, ligamen atau cakram tulang belakang atau pada sumsum tulang belakang itu sendiri.

Laura Anna

Kerusakan tambahan akibat cedera ini juga bisa terjadi selama berhari-hari atau berminggu-minggu karena pendarahan, pembengkakan, peradangan dan akumulasi cairan di dalam dan sekitar sumsum tulang belakang.

Cedera tulang belakang nontraumatic dapat disebabkan oleh arthritis, kanker, peradangan, infeksi atau degenerasi diskus tulang belakang. Adapun penyebab cedera tulang belakang paling umum terjadi dan sering dialami masyarakat adalah:

Follow Berita Okezone di Google News

1. Kecelakaan kendaraan bermotor

Kecelakaan mobil dan sepeda motor adalah penyebab utama cedera tulang belakang, terhitung hampir setengah dari cedera tulang belakang baru setiap tahun.

2. Terjatuh

Cedera tulang belakang setelah usia 65 tahun paling sering disebabkan oleh jatuh.

3. Tindakan kekerasan

Sekira 12 persen cedera tulang belakang diakibatkan oleh benturan keras, biasanya dari luka tembak, maupun luka akibat benda tajam seperti pisau.

4. Luka saat berolahraga atau berekreasi

Aktivitas olahraga seperti benturan dan menyelam di perairan dangkal, menyebabkan sekira 10 persen cedera pada tulang belakang.

5. Penyakit

Kanker, radang sendi, osteoporosis, dan radang sumsum tulang belakang juga dapat menyebabkan cedera tulang belakang.

1
2