Share

5 Manfaat Rebung untuk Kesehatan, Turunkan Kolesterol Jahat hingga Bantu Diet!

Hasyim Ashari, Jurnalis · Rabu 15 Desember 2021 08:00 WIB
$detail['images_title']
Rebung (Foto: Healthline)

REBUNG sudah tak asing lagi bagi penggemar makanan lumpia. Tak hanya lezat, sayuran satu ini juga ternyata banyak manfaatnya lho bagi kesehatan. 

Rebung atau tunas bambu merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, rebung juga banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Rebung juga memiliki segudang nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh termasuk serat dan antioksidan yang cukup tinggi. Berikut 5 manfaat kesehatan menakjubkan rebung seperti dilansir dari Stylecraze:

1. Dapat menurunkan tekanan darah

Rebung

Sebuah penelitian menemukan bahwa rebung dapat menghambat enzim pengubah angiotensin, yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu, antioksidan dalam rebung juga berperan penting dalam mencegah hipertensi dengan menurunkan tingkat tekanan darah.

Baca Juga : Di Tengah Pandemi Corona, Resep Memasak Rebung Jadi Resep Paling Dicari

2. Dapat turunkan kolesterol

Serat makanan dalam rebung dapat menurunkan kadar kolesterol serum, terutama kolesterol jahat (LDL). Selain itu, serat juga dapat membantu menjaga profil lipid yang sehat dan meningkatkan fungsi usus.

Baca Juga : Nostalgia Masakan Nenek, Ini Resep Lodeh Udang Rebung yang Pantas Dicoba

3. Mencegah penyakit kronis

Rebung mengandung polifenol bioaktif dan merupakan sumber antioksidan alami yang sangat baik. Mereka dapat mengurangi peradangan di tubuh Anda dan mengatur respons imun untuk mencegah banyak penyakit kronis.

4. Jaga kesehatan usus dan pencernaan

Rebung

Serat makanan dalam rebung mendorong pertumbuhan bakteri ramah usus yaitu Lactobacillus dan Bifidobacterium. Serat berfungsi sebagai zat yang aktif untuk merangsang pertumbuhan bakteri tersebut, sehingga dapat menjaga kesehatan usus, dan melancarkan pencernaan.

5. Bantu menurunkan berat badan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan serat yang lebih tinggi dapat meningkatkan penurunan berat badan. Termasuk salah satunya dengan mengonsumsi rebung yang merupakan makanan yang tinggi serat.

Serat makanan membutuhkan waktu untuk mencerna dan mungkin membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga dapat membantu dalam mengontrol porsi makan dan memiliki efek yang menguntungkan pada berat badan. Karenanya, konsumsi rebung dapat membantu Anda yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan.

1
2