Share

Telemedicine Permudah Konsultasi Kesehatan di Era Transformasi Digital

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 07:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TELEMEDICINE menjadi salah satu inovasi layanan kesehatan untuk masyarakat. Selama pandemi, tak sekadar rumah sakit yang berinovasi, namun juga pelaku kesehatan lainnya.

Sudah banyak layanan telemedicine disediakan oleh pelaku kesehatan melalui berbagai nama platform atau aplikasi. Saat berkonsultasi Anda tak perlu pergi ke klinik atau rumah sakit jika kondisinya tak begitu darurat.

Dikutip dari KlikDokter, telemedicine penerapannya menggunakan platform digital untuk layanan kesehatan. Anda bisa melakukan konsultasi kesehatan dan mencari produk-produk kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen menggunakan teknologi digital untuk memudahkan masyarakat menikmati layanan kesehatan. Di era 4.0 ini pun sumber dayanya juga berkembang untuk membangun sistem yang baik.

"Semua elemen ini diperlukan untuk membangun sistem quality dari setiap prosesnya," katanya usai menerima penghargaan INDI 4.0 Awards dari pemerintah.

 Telemedicine

Di samping itu, edukasi kesehatan gencar dilakukan terutama di masa pandemi. Stok persediaan obat maupun alkes lainnya juga terus dijaga dan ditambah bilamana terjadi kekurangan di masyarakat.

"Maka tak perlu khawatir karena hampir semua telah melakukan proses transformasi digital dengan melakukan integrasi setiap prosesnya agar menjadi layanan berkualitas," tupupnya.

(hel)