Share

5 Manfaat Kesehatan di Balik Segarnya Belimbing

Hasyim Ashari, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 07:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SELAIN lezat dan segar, buah belimbing dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Hal ini karena buah yang bentuknya meyerupai bintang ini kaya akan vitamin C.

Selain itu, belimbing juga dikenal sebagai sumber serat yang baik, memiliki sifat astringent, kaya akan antioksidan, dan hipoglikemik. Berikut 5 manfaat utama makan belimbing untuk kesehatan dikutip dari Stylecraze, Selasa (7/12/2021). 

1. Mengurangi risiko masalah jantung dan obesitas

Buah Belimbing

Serat larut yang penting untuk kelancaran fungsi sistem pencernaan Anda ditemukan dalam buah belimbing. Selain serat larut, belimbing juga mengandung serat makanan tidak larut yang mencegah penyerapan Kolesterol LDL di lapisan usus, sehingga mengurangi risiko masalah jantung dan obesitas.

Baca Juga : Mengenal Belimbing Darah, Buah Eksotis Asli Kalimantan yang Kaya Manfaat

2. Meningkatkan kualitas tidur

Jika Anda kesulitan mendapatkan tidur malam yang nyenyak, belilah buah belimbing karena mengandung magnesium, mineral yang dikenal dapat meningkatkan kualitas tidur. Magnesium hadir dalam buah belimbing membantu dalam mengaktifkan kimia asam Gamma-aminobutyric (GABA) yang membantu meningkatkan hormon yang membantu tidur lebih nyenyak.

Baca Juga : Jangan Remehkan Buah Belimbing, Ini Beragam Khasiatnya untuk Kesehatan

3. Rendah kalori dan gula

Belimbing sangat ideal bagi mereka yang menyukai diet rendah kalori dan rendah karbohidrat karena mengandung kadar gula yang sangat rendah. Buah belimbing berukuran sedang yang beratnya sekitar 100 gram akan mengandung sedikit lebih dari 6 gram karbohidrat dan 3 gram gula.

4. Mendetoksifikasi tubuh

Buah Belimbing

Buah belimbing memiliki sifat diuretik yang membantu mengeluarkan kelebihan air dan racun dari tubuh Anda. Buah ini membantu membersihkan hati dan ginjal Anda sehingga menjaga kesehatannya. 

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Belimbing merupakan salah satu buah yang kaya vitamin B dan C dan asam galat. Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, nutrisi tersebut juga membantu meningkatkan kesehatan rambut Anda dan melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV.

1
2