Share

Vaksinasi Anak-Anak Usia 6-11 Tahun Siap Dilakukan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 16:05 WIB
$detail['images_title']
Vaksinasi Covid-19 (Foto: Newsweek)

MENTERI Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo dalam Update PPKM mingguan bahwa vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun siap dilakukan. Ini harus dilaksanakan karena anak-anak juga terdampak Covid-19.

"Anak-anak banyak yang terdampak, maka dari itu vaksinasi untuk mereka akan kami terus dorong," terang Menko Airlangga dalam keterangan pers virtual, Senin (6/12/2021).

 vaksinasi Covid-19

Bahkan dalam pernyataannya Menko Airlangga memasukkan anak-anak ke dalam kelompok rentan terhadap paparan Covid-19. Ini memberi pandangan bahwa semua usia memiliki risiko terpapar Covid-19.

"Presiden Joko Widodo juga menyampaikan arahan bahwa vaksinasi anak-anak akan segera dimulai pada usia 6 hingga 11 tahun," kata Menko Airlangga. Sayangnya, dia tidak memberikan waktu pasti kapan program tersebut dilaksanakan.

"Kami akan finalkan semua, termasuk juga dengan program vaksinasi booster berbasis penerima bantuan iuran (PBI) maupun non-PBI yang akan diatur pada Permenkes dalam waktu tidak terlalu lama," tambah Menko Airlangga.

Sebelumnya, vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun direncanakan dilakukan paling cepat pada Januari 2022. Namun, pemerintah masih akan tetap memprioritaskan pemberian vaksin untuk lansia yang angkanya masih kecil.

Vaksinasi Covid-19 secara keseluruhan di Indonesia sudah mencapai 68,42 persen pada kelompok penerima vaksin dosis pertama, lalu penerima dosis kedua sudah 47,55 persen, berbasis kepada target yang divaksin.

 Baca juga: Cegah Varian Omicron, Pemerintah Belum Berencana Tambah Daftar Negara yang Dilarang Masuk RI

Menko Airlangga bahkan melaporkan masih ada 9 provinsi di Indonesia yang angka cakupan vaksinnya di bawah 50 persen. "Provinsi itu antara lain Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Papua, dan Aceh," terang Menko Airlangga.

(DRM)