Share

Epidemiolog Jelaskan Penyebab Varian Omicron Bisa Tak Terdeteksi Antigen

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 19:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

VARIAN Omicron kini menjadi permasalahan global yang semakin serius. Banyak ilmuwan masih meneliti virus dari mutasi Covid-19 tersebut.  

Sehubungan dengan itu, banyak kabar yang menjelaskan bahwa tes rapid antigen dinilai tidak bisa membaca varian baru ini. Lantas apakah informasi tersebut benar?

Antigen

Baca Juga : WHO Minta Asia Pasifik Bersiap Hadapi Lonjakan Infeksi Covid-19 Varian Omicron

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman mengatakan bahwa hingga saat ini ia belum mendapatkan referensi bahwa varian ini tidak bisa terdeteksi oleh antigen. Meskipun demikian Dicky mengatakan tidak menutup kemungkinan bahwa potensi tersebut bisa terjadi

"Artinya potensinya ada sebab ini mutasi yang ada di varian virus yang membuat pendeteksian ini menjadi masalah. Itulah sebabnya ia menjadi Variant of Concern (VOC)," kata Dicky, saat dihubungi MNC Portal, Jumat (3/12/2021)

Baca Juga : Epidemiolog Sebut Varian Omicron Masuk Indonesia Tinggal Tunggu Waktu, Ini Sebabnya!

Varian Omicron

Ia mengatakan, salah satu definisi VOC selain cepat menular juga masalah kemampuan atau potensi untuk tidak terdeteksi oleh alat diagnostik. Selain itu varian VOC juga dapat menurunkan efikasi vaksin dan pengobatan (treatment).

"Ini karena adanya masalah mutasi yang menghilangkan protein atau gen yang membuat mereka menjadi sulit untuk terdeteksi. Tapi menurut saya ini masih harus terus kita amati karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri belum mengumumkan pernyataan seperti ini," tuntasnya.

(hel)