Share

Dokter: Essential Oil Pala Fakfak Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 19:00 WIB
$detail['images_title']
Essential oil pala Fakfak (Foto: Sukardi/MPI)

SEMAKIN banyak cara meningkatkan imunitas tubuh demi mengurangi risiko terinfeksi Covid-19. Salah satunya mengandalkan essential oil.

Essential oil dianggap cukup berhasil meningkatkan kekebalan tubuh karena aroma yang dikeluarkan bisa dengan segera meningkatkan imunitas. Salah satu essential oil yang punya daya kemampuan meningkatkan imunitas adalah pala Fakfak Papua yang biasa disebut Hanggi.

"Banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh Hanggi, salah satunya meningkatkan imunitas tubuh dan bisa didapat dari essential oil-nya," kata Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dr Nova Primadina, SpBP-RE, dalam perilisan Hanggi X Shestarts.id di Lewi's Organic, Tangerang Selatan, Jumat (3/12/2021).

Buah Pala

Bagaimana kemudian essential oil pala Fakfak Papua bekerja meningkatkan sistem kekebalan tubuh?

Baca Juga : 3 Manfaat Essential Oil untuk Kecantikan, Bikin Terlihat Awet Muda Loh

Dokter Nova menuturkan, essential oil akan mengeluarkan aroma dan ketika indera penciuman menghirupnya, aroma dibawa ke otak. Setelah itu otak menyalurkan molekul pala ke organ-organ pembentuk sistem imun tubuh.

Seminar

"Dari situ, aroma pala yang ditangkap otak merangsang pembentukan sistem imun. Efek yang muncul ialah sistem imun jadi lebih aktif dibanding biasanya, yang pada akhirnya meningkatkan imunitas," papar dr Nova.

"Pada beberapa kasus, untuk mendapatkan fungsi meningkatkan sistem imun tubuh orang akan meminum pala lewat olahan sirup. Tapi, kalau ditanya mana yang efektif, ya, essential oil karena dihirup dan langsung masuk ke sistem otak," tambahnya.

Baca Juga : Mengenal 4 Jenis Essential Oil dan Manfaatnya

Dokter Nova mengatakan bahwa cara kerja essential oil untuk meningkatkan sistem imunitas itu membutuhkan waktu di bawah 4 detik.

"Beberapa jurnal penelitian menunjukkan bahwa setelah 4 detik kita menghirup essential oil pala, itu sudah muncul efeknya dalam tubuh, sudah sampai ke target organ dan merangsang sistem imun tubuh," terang dr Nova,

"Tapi kalau mau lebih lama lagi, aromanya dialirkan ke seluruh tubuh, setidaknya tunggu 10 menit di-diffuse," terang dr Nova.

Untuk memaksimalkan fungsi sistem imunitas, dr Nova memberikan tips mudah menggunakan essential oil pala Fakfak Papua tersebut. Berikut sarannya:

1. Essential oil dilarutkan pada 200 ml air murni. Tapi kalau mau pakai air yang sudah direbus, tidak masalah.

2. Disarankan tidak lebih dari 5 tetes per 200 ml air murni.

3. Soal berapa besar pengeluaran uapnya, itu dikembalikan lagi pada kondisi kesehatan dan tujuan yang ingin diharapkan.

"Kalau untuk meditasi, uap slow itu baik. Tapi, kalau mau dapet hasil manfaat yang cepat, ya, uap besar tidak masalah," terang dr Nova.

4. Menjadi catatan di sini, untuk pasien asma, harap berkonsultasi terlebih dulu sebelum menggunakan essential oil dan dipergunakan di diffuser. Sebab, ada beberapa kandungan di dalam essential oil yang malah membuat pasien asma semakin sesak.

5. Pilih essential oil yang murni dan usahakan pilih yang benar-benar berkualitas karena manfaat yang bakal didapat akan jauh lebih besar.

Selain meningkatkan imunitas tubuh, essential oil pala Fakfak juga dipercaya sebagai anti-inflamasi, analgesik, antispasmodik, mempercepat proses penyembuhan luka, membuat aliran napas menjadi lebih lancar, dan mood booster.

1
2