Share

Anak yang Tidak Diimunisasi Biasanya Sering Sakit

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 15:17 WIB
$detail['images_title']
Imunisasi (Foto: Youtube)

PLT Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dr. Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19 di masa pandemi. Menurutnya vaksinasi merupakan hal yang jika dilakukan dengan benar, maka akan menjadi investasi kesehatan untuk generasi di masa depan.

Ia menambahkan bahwa investasi ini sangat cost effective. Sebab generasi muda dapat dilindungi dari berbagai jenis penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Bahkan kalau dihitung cost effective vaksinasi itu bisa mencapai 40 kali.

 imunisasi

"Karena anak yang tidak diimunisasi sudah pasti sering sakit. Belum lagi kalau sakitnya banyak menimbulkan dampak luar biasa hingga menimbulkan wabah. Itu justru lebih merugikan lagi. Merugikan dari sisi kesehatan dan ekonomi," terang dr. Maxi, dalam acara Temu Media Imunisasi Rutin, Selasa (30/11/2021).

Sebagaimana diketahui, vaksinasi yang dilakukan saat ini adalah dalam upaya untuk menimbulkan kekebalan global (herd immunity). Kondisi ini baru bisa dicapai kalau cakupan vaksinasi Covid-19 tinggi dan merata di seluruh Indonesia.

 Baca juga: Pentingnya Imunisasi pada Anak

"Indonesia sudah berpengalaman di bidang imunisasi, sehingga menurut saya ini bukanlah sebuah program yang baru. Namun sudah lama di Indonesia dan penyebarannya untuk vaksinasi sudah sampai di seluruh pelosok Indonesia melalui Puskesmas," tuntasnya.

(DRM)