Share

Peneliti Kembangkan Vaksin Pfizer yang Mampu Lawan Varian Omicron, Rilis Segera!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 09:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

PFIZER bersama perusahaan farmasi asal Jerman BioNTech tengah mengembangkan vaksin Covid-19 yang bisa melawan varian Omicron. Hasil analisis terkait kemampuan vaksin Pfizer melawan varian B.1.1.529 tersebut diperkirakan rilis 100 hari dari sekarang.

Varian Omicron menjadi kekhawatiran global karena tingginya jumlah mutasi dan kemampuan menular yang sangat cepat. Beberapa informasi bahkan mengatakan bahwa varian ini mampu menghindari kekuatan vaksin yang sudah ada.

Vaksin Pfizer

"Vaksin Pfizer yang kami kembangkan tengah diteliti apakah tetap bisa melawan varian Omicron berdasarkan eksperimen berbasis laboratorium," terang laporan The Guardian, dikutip MNC Portal, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga : Booster Vaksin Pfizer Efektif Tingkatkan Antibodi Minimal 9 Bulan

Infografis

Jika dirasa kurang kuat kemampuannya, BioNTech bahkan siap mengubah vaksinnya agar lebih kompeten dalam melawan varian baru yang diidentifikasi pertama kali di Afrika Selatan tersebut.

Baca Juga : Pfizer Minta Izin Vaksin Booster Bisa Dipakai Usia 18 Tahun

Sementara itu, Moderna kini tengah menguji tiga kandidat vaksin booster yang ada untuk melawan varian Omicron dan siap mengembangkan vaksin baru khusus untuk melawan Omicron.

"Sejak awal, kami bersikap proaktif dalam menghadapi pandemi, termasuk munculnya varian atau mutasi Covid-19 baru. Mutasi pada varian Omicron cukup mengkhawatirkan, karena itu kami bergerak cepat menciptakan solusi," kata Stephane Bancel, kepala eksekutif Moderna.

Vaksin Moderna

Di sisi lain, ada vaksin Johnson & Johnson yang ikut mengonfirmasi bahwa perusahaan tengah menguji efektivitas vaksin terhadap varian baru untuk membaca apakah vaksin Johnson & Johnson tetap mampu melawan Omicron.

Bahkan, AstraZeneca sudah lebih awal melakukan penelitian langsung di Botswana dan Eswatini, lokasi varian Omicron pertama kali ditemukan. Peneliti AstraZeneca tengah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menganalisis vaksin mereka apakah kompeten melawan varian Omicron atau tidak.

1
2