Share

Ameer Azzikra Meninggal, Ini 9 Cara Cegah Infeksi Liver

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 29 November 2021 12:06 WIB
$detail['images_title']
Ameer Azzikra (Foto: IG/@ameer_azzikra)

KABAR duka, Ameer Azzikra meninggal dunia hari ini, Senin (29/11/2021). Putra kedua Almarhum Ustadz Muhammad Arifin Ilham tersebut meninggal dunia akibat kompilasi penyakit, infeksi liver dan paru. 

Merangkum dari Mayo Clinic, infeksi liver menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup mengkhawatirkan. Dalam kondisi tertentu, penyakit tersebut memang bisa menyebabkan penderitanya meninggal dunia. Kerusakan pada liver dapat menyebabkan jaringan parut atau sirosis yang dapat menyebabkan komplikasi seperti gagal hati, yang mana itu mengancam nyawa.

Liver atau hati adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Hati berukuran seperti bola yang berada tepat di bawah tulang rusuk manusia, tepatnya di sisi kanan perut.

Ameer Azzikra

Peran organ hati ini tentunya sangat vital, sebab mereka berperan untuk mencerna makanan dan membersihkan tubuh dari zat-zat beracun. Oleh sebab itu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit hati adalah pilihan yang tepat. Adapun caranya yakni dengan:

1. Minum alkohol dalam jumlah sedang

Untuk orang dewasa yang sehat paling banyak konsumsi alkohol hingga satu gelas sehari untuk wanita dan hingga dua gelas sehari untuk pria. Minum alkohol dalam jumlah besar sangat berisiko tinggi.

Baca Juga : Diderita Ameer Azzikra Sebelum Meninggal, Ketahui 5 Penyebab Infeksi Liver

2. Hindari perilaku berisiko

Gunakan kondom saat berhubungan seks. Jika memilih untuk memiliki tato atau tindik badan, pilihlah tentang kebersihan dan keamanan saat memilih toko. Cari bantuan jika Anda menggunakan obat intravena terlarang, dan jangan berbagi jarum suntik untuk menyuntikkan narkoba.

Infografis

3. Lakukan vaksinasi

Jika berada dalam risiko tertular hepatitis atau sudah terinfeksi dengan segala bentuk virus hepatitis, bicarakan dengan dokter Anda tentang mendapatkan vaksin hepatitis A dan hepatitis B.

Baca Juga : Ameer Azzikra Meninggal, Ini 10 Gejala Infeksi Liver dan Faktor Risikonya

4. Gunakan obat dengan bijak

Minum obat resep dan nonresep hanya bila diperlukan dan hanya dalam dosis yang dianjurkan. Jangan mencampur obat dan alkohol. Berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencampur suplemen herbal atau obat resep atau nonresep.

5. Hindari kontak dengan darah dan cairan tubuh orang lain

Virus hepatitis dapat menyebar melalui tusukan jarum yang tidak disengaja atau pembersihan darah atau cairan tubuh yang tidak tepat.

6. Jaga keamanan dan kebersihan makanan

Cuci tangan secara menyeluruh sebelum makan atau menyiapkan makanan. Jika bepergian di negara berkembang, gunakan air kemasan untuk minum, cuci tangan, dan gosok gigi.

7. Berhati-hatilah dengan semprotan aerosol

Pastikan untuk menggunakan produk ini di area yang berventilasi baik, dan kenakan masker saat menyemprotkan insektisida, fungisida, cat, dan bahan kimia beracun lainnya. Selalu ikuti instruksi penggumaan dari pabrik pembuatnya.

8. Lindungi Kulitmu

Saat menggunakan insektisida dan bahan kimia beracun lainnya, kenakan sarung tangan, lengan panjang, topi, dan masker agar bahan kimia tidak terserap melalui kulit.

9. Pertahankan berat badan yang sehat dan ideal

Obesitas dapat menyebabkan penyakit hati berlemak nonalkohol. Selain, obesitas juga merupakan faktor risiko dari berbagai penyakit, mulai dari diabetes hingga kardiovaskular. 

1
2