Share

Rajin Pakai Hand Sanitizer Efektif Lindungi Diri dari Penularan Covid-19?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 13:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

MENCUCI tangan menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Menjaga kebersihan tangan sangat penting dilakukan, karena sebagian besar penularan virus ditularkan melalui tangan manusia.

Oleh sebab itu ada baiknya untuk selalu membawa hand sanitizer saat bepergian keluar rumah. Hand sanitizer digunakan ketika seseorang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan saat sedang beraktivitas di luar ruangan. Namun, apakah hand sanitizer cukup efektif?

Merangkum dari laman Instagram Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku, @satgasperubahanperilaku, Selasa (16/11/2021), Covid-19 tidak hanya menyebar melalui droplet, tapi juga lewat sentuhan tangan (terutama mulut dan hidung) setelah menyentuh benda yang terkontaminasi.

Hand Sanitizer

Oleh karena itu, sangat penting menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan. Oleh sebab itu pastikan hand sanitizer yang Anda gunakan harus mengandung setidaknya 60 persen alkohol untuk membunuh sebagian besar virus.

Baca Juga : Jangan Asal, Pakai Hand Sanitizer Harus Sama dengan Cuci Tangan Pakai Sabun Loh

Sebab hand sanitizer dengan kadar alkohol kurang dari 60 persen hanya dapat mengurangi pertumbuhan mereka. Selain itu hand sanitizer yang dibuat sendiri, bisa saja tidak seefektif di pasaran. Jadi sebaiknya gunakan produk-produk yang tersedia secara komersial.

Baca Juga : Rajin Pakai Hand Sanitizer? Sedia Pelembap Biar Kulit Gak Kering

Adapun tiga tips yang bisa dilakukan ketika menggunakan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan, di antaranya:

Hand Sanitizer

1. Gunakan hand sanitizer yang mengandung pelembab. Jenis ini memiliki paling sedikit potensi iritasi jika dibandingkan dengan sabun dan deterjen sintetis.

2. Sebaiknya gunakan hand sanitizer saat kotoran di tangan dapat terlihat oleh mata atau saat tangan berminyak. Misalnya setelah menyiapkan makanan, berolahraga, atau berkebun.

3. Saat menutupi bersin atau batuk dengan tangan, sebaiknya tambah porsi hand sanitizer yang digunakan. Pembersih tangan mungkin tidak berfungsi dengan baik pada tangan yang terkontaminasi lendir, karena lendir dapat melindungi mikroba.

(hel)