Share

10 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat, Waspadai Produk Olahan!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 12:29 WIB
$detail['images_title']
10 Makanan Menyebabkan Asam Urat (Foto: Boldsky)

10 Makanan yang menyebabkan asam urat harus Anda kurangi jika memiliki penyakit tersebut. Asam urat adalah kondisi menyakitkan yang biasanya melibatkan rasa sakit yang parah dan pembengkakan jempol kaki, dan dapat menyebabkan demam, menggigil dan bisa menjadi pengalaman yang sangat intens yang berlangsung dari satu hari hingga dua minggu.

Kita tahu bahwa sebagian besar kasus asam urat disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi, membentuk kristal yang mengendap di jari kaki. Asam urat terbentuk di hati, sebagai produk sampingan dari pengolahan purin yang ditemukan dalam makanan dan obat-obatan.

Jika tidak diobati, Anda mungkin mengalami episode berulang yang bermutasi menjadi bentuk lain dari asam urat, seperti asam urat tophaceous yang mengikis dan merusak sendi dan dapat mengakibatkan endapan di mata.

Dari perspektif naturopati, perubahan pola makan adalah suatu keharusan untuk mengurangi kadar asam urat Anda. Tindakan pencegahan seperti menurunkan berat badan, berolahraga dan menyesuaikan obat-obatan penting untuk membantu mengendalikan asam urat.

Namun, diet seimbang adalah rekomendasi nomor satu untuk menghindari asam urat! Karenanya penting bagi Anda untuk mengetahui makanan yang dapat menyebabkan asam urat supaya Anda bisa menghindarinya.

Melansir CK Health pada Jumat (12/11/2021), berikut adalah 10 makanan yang bisa menyebabkan asam urat.

Alkohol

10 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat

(10 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat, Foto: Boldsky)

Meskipun semua alkohol dapat menyebabkan asam urat, bir meningkatkan risiko infeksi lebih dari alkohol (sendiri) dan anggur. Ketika minuman beralkohol dicampur dengan minuman ringan, risiko memicu asam urat menjadi tinggi, dan ketika anggur pilihan adalah varietas merah, itu lebih tinggi purin (seperti port) dan meningkatkan faktor risikonya.

Anggur putih, bila dikonsumsi dalam jumlah kecil, tidak terkait dengan peningkatan risiko asam urat dan lebih baik untuk memilih ini jika Anda memilih untuk tidak menghindari alkohol sepenuhnya.

Baca Juga : Tips Mencegah Munculnya Asam Urat, Apa Saja?

Minuman ringan

Minuman yang dimaniskan dengan gula dan fruktosa meningkatkan risiko asam urat secara substansial, namun ini tidak berarti beralih ke minuman ringan diet!

Sebagai gantinya, cobalah dan pilih air mineral bersoda sebagai gantinya dengan sedikit perasan lemon segar, jeruk nipis atau jeruk untuk memuaskan dahaga Anda. (Ini jauh lebih baik untuk pengelolaan berat badan dan hidrasi juga).

Baca Juga : 6 Gejala Asam Urat pada Kaki, Salah Satunya Timbul Benjolan Keras

Daging merah

10 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat

(10 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat, Foto: Boldsky)

Tinggi purin, daging merah dari daging sapi dan domba dapat menyebabkan penumpukan asam urat. Daging gelap dari hewan buruan seperti kelinci, kanguru atau daging rusa juga merupakan makanan yang harus dikurangi.

Sebagai gantinya, cobalah untuk menjaga asupan daging Anda dalam porsi kecil beberapa kali seminggu, dan perkenalkan lebih banyak makanan nabati ke dalam makanan Anda.

Kerang

Kerang, udang, kepiting, lobster semuanya merupakan barang mewah untuk dompet dan penderita asam urat! Sejumlah kecil sesekali boleh saja, namun lebih dari 200g per hari dapat meningkatkan risiko.

Ragi

Ragi bir dan ragi roti adalah penyebab asam urat yang besar, jadi hindari bir dan roti untuk menghindari serangan.

Ikan yang berminyak

Ikan seperti sarden, tuna, teri, dan salmon harus dibatasi karena mengandung purin yang tinggi. Tukar ke ikan putih yang tidak akan terlalu bermasalah.

Daging organ

Meskipun bukan item yang paling populer di menu, mereka cukup umum bagi kita untuk mengetahui bahwa mereka dapat memicu asam urat. Jeroan, hati dan ginjal perlu dikurangi atau dihilangkan dari diet Anda untuk menurunkan risiko asam urat tinggi.

Daging olahan

10 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat

(10 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat, Foto: Boldsky)

Daging yang tinggi nitrat, natrium dan lemak jenuh dapat memicu asam urat. Sebagai gantinya, pilihlah daging yang diawetkan secara alami seperti Parma ham atau bacon dan salami yang dibuat secara tradisional, secukupnya.

Lemak jenuh

Daging yang kita bahas sebelumnya akan menjadi salah satu makanan yang harus dihindari untuk mengurangi lemak jenuh Anda, tetapi tambahkan juga produk susu berlemak tinggi ke dalam daftar.

Disarankan bahwa penderita asam urat harus mengkonsumsi produk susu rendah lemak, atau alternatif susu, untuk mengurangi risiko.

Buncis

Meskipun tidak berisiko seperti daftar lainnya, buncis mengandung purin dalam jumlah sedang. (Jamur, kacang polong, kembang kol, asparagus, dan kacang fava juga mengandung jumlah yang sama).

Bergantung pada seberapa tinggi level Anda, Anda mungkin ingin mengurangi asupan ini sambil mengurangi peradangan di tubuh Anda.

Meskipun daftar ini mungkin tampak ekstrem, dan terasa seperti memotong sebagian besar makanan lezat, hidup dengan rasa sakit kronis (atau ketakutan akan serangan lain) bukanlah cara yang bagus untuk membayar untuk mengkonsumsinya.

Cobalah menghilangkan atau mengurangi satu makanan secara perlahan (dimulai dengan apa yang Anda tahu paling memicu serangan di masa lalu, ini bisa berbeda dari orang ke orang).

1
2