Share

Menstrual Cup, Kira-Kira Aman Gak Ya?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 11:07 WIB
$detail['images_title']
Menstrual cup (Foto: Ist)

Kamu sedang mencari kesibukkan sekaligus bisa menambah ilmu selama mengisi waktu luangmu? Pas banget loh! Podcast Kata Dokter  bareng dr. Nadia Alaydrus balik lagi buat memberikan tips dan info seputar kesehatan. Di episode kali ini, dr. Nadia akan membahas tentang lebih baik mana sih pembalut atau menstrual Cup! Penasaran akan gimana penjelasannya? Langsung dengerin aja yuk di RCTI+.

Menstruasi, mayoritas perempuan pasti pernah mengalami hal ini. Menstruasi merupakan proses keluarnya darah yang nantinya akan melewati vagina, hal ini merupakan proses alami yang setiap bulan terjadi di dalam tubuh dan untuk perempuan sudah mengerti sekali akan hal ini.

 menstrual cup

Mengapa menstruasi terjadi, dr Nadia menjelaskan bahwa “ Menstruasi terjadi ketika sel telur yang sudah matang dan siap untuk dibuahi ini menyebabkan terjadinya penebalan di dinding rahim karena rahim bersiap untuk kedatangan sperma, jika sperma tidak datang maka dinding rahim yang menebal inipun luruh, itulah yang sering disebut menstruasi”. Siklus ini terjadi 28-35 hari jika lebih atau kurang dari range waktu tersebut sebaiknya di konsultasikan ke dokter kandungan.Kita melanjutkan pembahasan terkait menstruasi, Ketika menstruasi sebaiknya menggunakan apa ?

Menurut dr.Nadia semua metode seperti Pembalut,Tampon dan Menstrual Cup memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing, balik lagi kepada individunya akan tetapi untuk awal penggunaan pembalut dirasa lebih aman dan cukup minim resiko dan mudah ditemukan dimanapun, meskipun lebih mahal jika dihitung-hitung karena memang sekali pakai. Dan perlu diperhatikan bagi perempuan yang belum menikah, jika ingin menggunakan tampon dan menstrual cup. Dua metode tersebut tidak dianjurkan karena langsung bersinggungan dengan vagina. Semua metode memiliki kelebihan dan kekurangannya pastikan mengetahuinya terlebih dahulu

Mau tahu kelanjutan pembahansannya? Penasaran ?Dengarkan selengkapnya hanya di RCTI+

(DRM)