Share

Adinia Wirasti Curhat Kerap Pingsan ketika Datang Bulan, Ternyata Ini Penyebabnya

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 00:02 WIB
$detail['images_title']
Adinia Wirasti. (Foto: Instagram)

ARTIS Adinia Wirasti curhat alami permasalahan nyeri haid yang tak biasa atau disebut dengan adenomiosis. Penyakit apakah itu?

Adinia Wirasti mengaku sering nyeri haid saat datang bulan. Hal ini membuatnya tak nyaman, bahkan tak sekadar sakit biasa, bintang film cantik ini juga pernah pingsan.

"Dulu kalau saya datang bulan, sakitnya agak ekstrem, suka pingsan dan tidak bisa bangun dari kasur selama 3 hari," kata Adinia dalam acara Bocah Fertility Week 2021.

Baca Juga: Haid Tak Lancar, Coba Atasi dengan Cara Ini

adinia

Akibatnya kegiatan hariannya pun terganggu. Tak terkecuali kegiatan syuting film, terutama saat dia harus melakukan adegan action.

"Itu juga yang mengganggu proses syuting ketika diharuskan beradegan action, sementara keadaan badan lagi sakit," tambahnya.

Dikutip dari Thehealthsite, adenomiosis adalah kondisi reproduksi wanita yang membuat jaringan endometrium tumbuh melapisi dalam dinding rahim. Kondisi ini menyebabkan rahim membesar dan menebal.

Tak heran jika penderitanya akan mengalami nyeri haid tak biasa yang menjadi dampak dari penyakit tersebut. Tentunya nyeri haid seperti ini jika terus dibiarkan bisa menimbulkan masalah infertilitas.

Sementara itu, Communications Lead Pusat Fertilitas Bocah Indonesia Denny Lian mengatakan, endemotriosis salah satu gangguan kesuburan yang sering dialami wanita. Karenanya, para perempuan perlu diedukasi tentang bahaya yang berkaitan dengan masalah

infertilitas.

“Sayangnya permasalahan infertilitas seringkali dianggap hal tabu dan sepele, namun justru berdampak jauh bagi pasutri, termasuk judgement sosial yang didapat para pejuang dua garis," katanya.

1
2