Share

CDC Tetapkan Indonesia sebagai Negara Resiko Rendah Covid-19, Netizen: Jangan Lengah!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 14:00 WIB
$detail['images_title']
CDC AS tetapkan Indonesia risiko rendah Covid-19 (Foto: IG/@kemenkes_ri)

HASIL baik dari berbagai kebijakan dan upaya berlapis yang dilakukan pemerintah bersama masyarakat, dalam penanganan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia diakui di mata internasional.

Lewat akun Instagram resminya, Jumat (5/11/2021) Kementerian Kesehatan RI menginformasikan bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, memasukkan Indonesia dalam daftar negara level 1, negara dengan risiko penularan Covid-19 yang rendah.

“Upaya berlapis yang dilakukan Indonesia dalam menangani COVID-19 terus mengalami perbaikan, yang terbaru, CDC Amerika menempatkan Indonesia masuk level 1 atau negara dengan risiko penularan COVID-19 rendah. Capaian ini tidak terlepas dari upaya bersama dari seluruh elemen bangsa dalam menangani pandemi Covid-19,” bunyi keterangan Kemenkes.

Covid-19

Terkait dengan status Indonesia ini, juru bicara pemerintah terkait Covid-19 dan duta adaptasi kebiasaan baru, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan dengan status level 1 tersebut maka Indonesia dikategorikan sebagai wilayah hijau atau green zone, negara yang aman untuk dikunjungi.

“CDC meminta pelancong dari Amerika Serikat (AS) yang hendak ke Indonesia sudah harus divaksin lengkap sebelum bepergian ke Indonesia. CDC juga mengimbau bagi warga negara AS yang hendak ke Indonesia harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan di Indonesia, termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak,” terang dr. Reisa, dalam sesi jumpa pers secara virtual kala itu.

Baca Juga : Mengenal Istilah Flatten The Curve, Upaya Memperlambat Penyebaran Covid-19

Baca Juga : Indonesia Rangking Ketiga Negara dengan Kasus Covid-19 Terendah di ASEAN

Berita baik ini direspon positif oleh masyarakat sekaligus para netizen. Meski sudah masuk sebagai negara dengan resiko Covid-19 rendah dan aman untuk dikunjungi, para netizen di kolom komentar terlihat saling mengingatkan, situasi kondusif ini jangan sampai membuat lengah dan lalai akan protokol kesehatan.

“Jangan lengah, kondisi ini perlu dipertahankan, tetap ketat protokol kesehatan,” imbau akun Miafelici***rdianto

“Tapi jangan sampai lengah biarpun negara kita masuk dalam level 1. Tetap patuhi prokes agar negara kita bisa kmbali normal. Yuk kita bisa,” komentar Sitinurhali***5*6

“Serius? Alhamdulillah sih,” ucap syukur Rafida**usniah

“Jangan lengah sedikit pun pokoknya,” ajak netizen dengan akun bernama Haris_***suker_sw

“Ayo vaksin tetap lanjutkan, agar bisa 0 persen Covidnya dan perekonomian , bisnis , usaha, pariwisata Indonesia bisa kembali normal lagi, amin,” harap netizen pemilik akun Yeni.***andayani

“Alhamdulillah, tetap 5 M. Lagi musim hujan, jaga kesehan dan selalu aman ya dalam apa pun,” tulis akun Yuliyant***rta

“Alhamdulillah. Tetap waspada, protokol kesehatan jangan kendor,” kata Santibeauty**1

1
2