Share

5 Kegiatan Bersih-Bersih Rumah Ini Ternyata Bakar Lemak, Bantu Kecilkan Perut Buncit!

Hasyim Ashari, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 07:05 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Freepik)

SELAIN diet, menurunkan berat badan juga bisa dengan bersih-bersih rumah lho. Kegiatan beberes rumah tanpa sadar dapat membantu membakar lemak, termasuk pada bagian perut.

Perut buncit yang bikin enggak percaya diri, lama-kelamaan bisa rata kalau rutin membakar lemak dengan bersih-bersih rumah. Selain itu, kegiatan yang termasuk aktivitas fisik ini juga pada akhirnya membantu menurunkan berat badan. 

Pas banget nih untuk kegiatan di akhir pekan, jangan lupa ajak suami juga ya moms. Apa saja aktivitas bersih-bersih rumahnya? Berikut ulasannya yang dikutip dari laman Newsdelivers, Jumat (5/11/2021). 

1. Membersihkan Debu

Bersih-Bersih Rumah

Melihat rumah yang bersih dari debu dan kotoran pasti sangat menyenangkan. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir dengan debu yang akan mengganggu pernapasan.

Siapa sangka, jika ternyata aktivitas sederhana dengan membersihkan debu di rumah ini bisa membakar kalori, lho! Jika Anda membersihkan debu menggunakan penyedot debu selama sekitar satu jam, dapat membakar sekitar 175 kalori.

Apalagi jika Anda membersihkan furnitur sambil mengangkat atau memindahkannya. Tentu saja ini bisa membakar lebih banyak kalori. Memindahkan berbagai macam furnitur selama kurang lebih satu jam dapat membakar lebih dari 400 kalori. Wah, simple tapi sangat bermanfaat kan?

Baca Juga : Sadar atau Tidak, Ini 3 Kesalahan Membersihkan Rumah Paling Sering Dilakukan

2. Menyetrika

Pekerjaan rumah berikutnya yang bisa membakar kalori adalah menyetrika. Anda dapat membakar lebih dari 157 kalori per jam dengan menyetrika. Biar makin semangat, jangan lupa dengerin musik favorit kamu ya. Pakaian rapi, kalori yang terbakar, suasana hati yang bahagia dengan mendengarkan musik favorit, jadi kegiatan yang menyenangkan di rumah.

Baca Juga : 6 Cara Menjaga Kebersihan Rumah Setelah Bayi Baru Lahir

3. Mengepel

Setelah membersihkan debu, Anda juga bisa melanjutkan mengepel sebagai kegiatan olahraga. Menurut laporan yang disusun oleh StarBrands salah satu pekerjaan rumah tangga yang paling berguna adalah mengepel lantai.

Jika dilakukan selama kurang lebih satu jam, mengepel lantai bisa membakar kalori hingga 259 kalori atau setara dengan berenang selama 45 menit. Nah selain itu, ada manfaat lain dari kegiatan mengepel ini seperti bisa melatih otot inti, lengan, dan kaki.

4. Membersihkan Kamar Mandi

Bersih-Bersih Rumah

Kamar mandi yang kotor atau licin tentu tidak baik. Oleh karena itu, kita tidak boleh melewatkan kebersihan kamar mandi.

Nah ternyata, membersihkan kamar mandi pun bisa membakar kalori. Jika dilakukan selama kurang lebih satu jam, bisa membakar hingga 256 kalori lho! Sederhana dan sering kita lakukan ini ternyata bermanfaat, ya!

5. Membersihkan Kaca

Membersihkan kaca juga punya peran untuk membantu menurunkan berat badan. Jika membersihkan kaca jendela dan seluruh rumah yang dilakukan selama kurang lebih satu jam maka bisa membakar 231 kalori. Itu setara dengan olahraga lari selama 15 menit.

1
2