Share

SBY Kena Kanker Prostat, Kenali Pemicunya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 02 November 2021 11:55 WIB
$detail['images_title']
SBY (Foto: Inst)

RUPANYA Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY didiagnosis kanker prostat.

Hal ini disampaikan oleh staf khusus SBY, Ossy Dermawan. Disebutkan SBY mengidap tahap stadium awal.

 SBY

SBY didiagnosis kanker prostat berdasarkan sejumlah hasil pemeriksaan yang dilakukan dokter.

Nah, kanker prostat sendiri merupakan sel-sel kanker yang tumbuh di prostat atau sel kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih pria.

Sebagian kanker protat tumbuh perlahan dan tidak menyebabkan kerusakan serius. Tetapi, beberapa jenis lainnya tumbuh secara agresif dan menyebabkan penyakit serius.

Menurut data kesehatan dunia (WHO) ada sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker. Sedangkan di Indonesia, dari data Globocan 2020, terdapat 230.000 kasus kematian.

Bahkan, kanker ini menduduki peringkat teratas setelah kanker paru, kanker usus besar, kanker mulut rahim, dan kanker hati. Kanker prostat rentan terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun.

Salah satu faktor utama pemicunya adalah obesitas, seseorang yang memiliki berat badan berlebih memiliki resiko menderita kanker prostat lebih tinggi atau agresif.

Selain itu, menurut penelitian Harvard School of Public Health mengonsumsi 3 butir telur setiap minggunya berpeluang terkena risiko kanker prostat hingga 81%.

Menurut riset Kanazawa University Jepang, kopi dapat mencegah kanker prostat. Hal ini karena kopi mengandung dua senyawa ahweol asetat dan cafestol yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Cukup dengan 1 hingga 3 cangkir sehari, risiko kanker prostat bisa berkurang hingga 30%.

(DRM)