Share

4 Aromaterapi Khas Indonesia, Ampuh Redakan Nyeri Perut

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 19:34 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MINYAK esensial tak hanya baik untuk merelaksasi tubuh. Ada sederet manfaat yang didapatkan jika Anda rutin menghirup aroma esensial dari diffuser.

Bukan hanya wewangian bunga yang menyegarkan, ada pula jenis minyak esensial asli Indonesia. Ya, minyak esensial beraroma rempah jahe, temu kunci, citronella juga buah jeruk.

Dari semua jenis minyak esensial tersebut terdapat khasiatnya masing-masing. Mau tahu apa saja, yuk simak artikelnya berikut ini.

Aroma jahe

 jahe

Dijelaskan Founder of Talasi Alisjahbana Haliman, minyak esensial ini diproses dari jahe emprit segar dari Way Kanan. Lebih menyegarkan lagi ada tambahan aroma sitrus dan wangi rempah memberikan rasa hangat dan meningkatkan energi.

"Manfaatnya untuk mengurangi mabuk perjalanan dan morning sickness, menghangatkan tubuh, relaksasi otot, meredakan nyeri dan perut kembung," ujar Alisjahbana lewat keterangan Toye.

Aroma kulit kayu krangean

Alisjahbana menerangkan, minyak esensial beraroma kulit kayu krangean dari Purwokerto, Jawa Tengah dan jeruk ini mampu menenangkan dan sangat baik untuk relaksasi. Essential oil ini juga memiliki fungsi antiinflamasi dan antibakteri, serta dapat meningkatkan imunitas.

Aroma citronella

Sumba, Nusa Tenggara Timur surganya serai wangi dan beraroma menyegarkan. Ditambah dengan perpaduan sempurna aroma jeruk, kayu, rerumputan, dan floral. Manfaatnya membantu meningkatkan mood dan energi, mengusir serangga, serta dapat mengurangi sakit kepala.

Aroma temu kunci

Hasil penyulingan temu kunci dari petani di Majenang, Jawa Tengah, menghasilkan minyak esensial beraroma khas medikal memberikan sensasi hangat dan sekaligus menyegarkan.

"Minyak esensial ini mengandung fungsi anti-jamur dan anti-bakteri, serta dapat digunakan untuk memperbaiki sirkulasi darah," tambahnya.

Diungkapkan Alisjahbana, agar manfaatnya terasa penggunaan minyak esensial ini perlu diperhatikan takarannya. Anda bisa menggunakan  sebagai campuran minyak pijat maupun digunakan dengan diffuser.

Bila digunakan sebagai minyak pijat, campurkan 1ml / 5-7 tetes essential oil dengan 30ml carrier oil (minyak zaitun/minyak kelapa). Sedangkan untuk diffuser 100ml, cukup teteskan 5-8 tetes atau ikuti anjuran diffuser pilihan Anda.

1
2