Share

4 Kiat Atasi Kejenuhan Bekerja dan Belajar Online, Jaga Pikiran Tetap Waras!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 09:29 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

PANDEMI Covid-19 masih belum berakhir, oleh sebab itu membatasi mobilitas masih sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah penularan virus. Salah satu cara untuk mencegah penularan virus yakni dengan bekerja dan belajar dari rumah secara online.

Meski cenderung lebih aman, namun melakukan kegiatan sehari-hari seperti kerja dan sekolah dari rumah secara terus menerus tentu bisa menimbulkan kejenuhan dan kelelahan. Walaupun begitu, setiap orang wajib menerimanya sebagai bagian dari kebiasaan hidup yang baru.

Merangkum dari laman Instagram resmi Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Selasa (5/10/2021), berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi kejenuhan dalam berkegiatan jarak jauh, yuk disimak.

1. Pindah lokasi

WFH

Hal istimewa dari kerja atau belajar jadak jauh adalah bisa dilakukan di mana saja. Coba berkegiatan dari tempat lain selain kamar, seperti ruang keluarga, teras rumah atau tempat lainnya yang mendukung untuk bekerja produktif. Mengubah lingkungan dapat membantu kesehatan mental dan membangkitkan inspirasi.

Baca Juga : Setahun WFH Sudah Terlalu Jenuh dan Burnout? Ini Sederet Cara Mengatasinya

2. Buat agenda kegiatan

Manajemen waktu adalah keterampilan hidup yang penting. Susun jadwal untuk belajar atau bekerja. Tetapkan pengingat untuk tenggat waktu tugas-tugas Anda serta jangan lupa untuk memberi diri waktu istirahat.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Matikan notifikasi media sosial

Media Sosial

Notifikasi media sosial bisa sangat mengganggu dan menyebabkan penundaan pekerjaan. Pasang ponsel dalam mode silent atau diam, sesuaikan pengaturan waktu layar (screen time) supaya fokus untuk menyelesaikan pekerjaan.

4. Jaga kesehatan tubuh

Luangkan waktu untuk berolahraga, merencanakan makan, menghabiskan waktu bersama teman, dan beristirahat. Menjaga kesehatan mental dan fisik sama pentingnya. Olahraga ringan dapat meningkatkan energi dan membangun kembali fokus.

1
2