Share

Dokter Tirta Jelaskan Perbedaan Gejala DBD, Tifus dan Covid-19

MNC Media, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 10:31 WIB
$detail['images_title']
Dokter Tirta (Foto : Youtube/Tirta PengPengPeng)

DOKTER Tirta Mandira Hudhi atau akrab disapa dr Tirta merupakan dokter muda sekaligus pengusaha. Ia kembali membuat video yang bermanfaat bagi penonton setelah mendapat respons positif dari video edukasi mengenai Covid-19. dr Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Kali ini dr Tirta membuat video khusus untuk menjelaskan 3 penyakit berbeda dengan gejala yang mirip yaitu demam berdarah, demam tifoid (tifus), dan juga Covid-19. Ia pun menyebutkan bahwa demam berdarah atau DBD merupakan infeksi virus dengue dari gigitan nyamuk yang mudah ditemukan di belahan dunia bagian tropis dan subtropis, gejala yang timbul biasanya nyeri kepala, demam ringan hingga berat, nyeri otot, nyeri sendi, nyeri tulang, dan ruam pada kulit.

Dokter Tirta

dr Tirta juga menjelaskan bahwa jarang ditemukan gejala nyeri telan, pilek, dan batuk pada pasien penderita demam berdarah. Sedangkan ketiga gejala tersebut banyak ditemukan pada pasien Covid-19.

Kemudian ada perbedaan lain antara demam berdarah dan Covid-19 yaitu gejala demam. Jika seseorang mengalami demam berdarah biasanya demam akan turun di hari ke 4-5 lalu di hari ke 6 demam kembali tinggi. Berbeda dengan Covid-19 yang demam terus naik sejak awal, biasanya selama 7 hari.

Baca Juga : Dokter Tirta Beberkan 3 Penyebab Seseorang Tidak Kena Covid-19 Sampai Sekarang

Selanjutnya dr Tirta menjelaskan demam tifoid atau typhus abdominalis yaitu penyakit yang umumnya menyerang perut di mana penularan dapat terjadi melalui bakteri salmonella melalui makanan dan minuman yang kotor. Gejala yang timbul biasanya demam di malam hari, sakit perut, dan gangguan pencernaan.

Yuk simak penjelasan lengkap dr Tirta hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!

https://www.youtube.com/watch?v=o9-rk9QvBBk

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#drtirta

#smn

#starhits

#hitsrecords

#msin

#mncstudiosinternational

1
2