Share

Selain LALILULELO, Long Covid-19 Juga Bisa Sebabkan Gejala-Gejala Ini

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 21:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi gejala LALILULELO penderita long covid-19. (Foto: Freepik)

SETELAH sembuh dari infeksi virus corona, sejumlah pasien melaporkan mengalami gejala long covid-19. Salah satunya adalah kondisi LALILULELO atau gangguan kognitif yang ditandai labil emosi, linglung, lupa, lemot atau kemampuan berpikir melambat, hingga logika berpikir menurun.

Kondisi ini terjadi akibat sejumlah penyebab. Hal tersebut sebagaimana diterangkan pakar kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19 Muhamad Fajri Adda'i dalam Live Instagram Series di @okezonecom, Rabu (25/8/2021).

Baca juga: Sembuh Covid-19 Bisa Timbulkan Lalilulelo, Apa Itu? 

"Penyebabnya bisa kemungkinan karena ada penyumbatan di otak, itu bisa. Covid juga kan membuat darah pasien lebih mengental," kata dr Fajri.

Ilustrasi long covid-19. (Foto: Freepik)

Selain itu, lanjut dia, kemungkinan lainnya adalah karena peradangan yang terjadi pada tubuh saat terinfeksi covid-19 hingga kekurangan oksigen pada otak.

Selain gangguan kognitif seperti LALILULELO, penyintas covid-19 juga merasakan beberapa gejala lain, seperti sesak napas hingga mudah lelah.

Baca juga: Covid-19 Bisa Sebabkan LALILULELO, Ini Tindakan yang Harus Dilakukan 

"Long covid-19 ini dampaknya juga bukan hanya ke otak, 70 persen itu juga lemas, kayak badannya malas gitu, disuruh lari juga enggak enak. Kemudian ada yang masih sesak, engap, ada juga yang kemerahan di kulit atau masih batuk," jelas dr Fajri.

Selain itu, ada studi juga yang menyebut bahwa covid-19 menyebabkan kecerdasan seseorang menurun. "Memang orang yang sembuh dari covid-19 kecerdasannya berkurang. Ya enggak semua, tapi ada," imbuhnya.

Demi mengatasi long covid-19, dr Fajri menyarankan untuk konsultasi jika gejalanya makin buruk atau membuat tidak nyaman. Kemudian yang tidak kalah penting adalah pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi hingga rutin olahraga.

Baca juga: Penyebab Pasien Covid-19 Alami Kondisi LALILULELO 

Selain itu yang tidak kalah penting yakni latihan untuk otak. "Senam otak jangan lupa. Anda bisa baca buku, mengerjakan teka-teki, nonton yang membuat otak berpikir, itu namanya melatih. Bisa juga mengobrol sama orang lain, itu ngaruh, misalnya diskusi dari yang ringan hingga berat, dilatih saja sering-sering," tambahnya.

Kemudian disarankan juga untuk minum banyak air putih, tidur cukup, dan rutin kontrol ke fasilitas kesehatan bila mempunyai penyakit penyerta.

1
2