Share

Dokter Tirta Beberkan 3 Penyebab Seseorang Tidak Kena Covid-19 Sampai Sekarang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 12:55 WIB
$detail['images_title']
Dokter Tirta Mandira Hudi. (Foto: Instagram @dr.tirta)

PANDEMI covid-19 di Indonesia sudah berjalan 1,5 tahun. Virus SARS-CoV2 yang menjadi penyebab infeksi covid-19 menyebar di banyak lokasi. Tapi tahukah, banyak orang sampai sekarang kuat tidak terkena covid-19. Dokter Tirta Mandira Hudi pun mengungkapkan penyebabnya.

Dokter Tirta menganalisis setidaknya ada tiga kemungkinan penyebab seseorang sampai saat ini kuat tidak terinfeksi covid-19. Ini penjelasannya, seperti dikutip dari unggahan akun TikTok @tirtacipeng, Selasa (24/8/2021).

Baca juga: Dokter Tirta Anjurkan Konsumsi Protein dan Serat hingga Kurangi Gula saat Proses Penyembuhan 

1. Menerapkan protokol kesehatan dengan sangat disiplin

"Prokesmu kuat. Mungkin kamu di rumah saja, mungkin kamu memang jarang keluar, mungkin kamu pakai masker, mungkin kamu takut dengan dirimu sendiri, dan aku apresiasi banget karena saya sendiri masih sering lupa dan sering ditegur orang lain," papar Dokter Tirta.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

2. Imun kuat

Tidak bisa dimungkiri, kata Dokter Tirta, ada orang kerja dan tidak pernah merasa capek, kemudian juga jarang sakit. "Ada orang seperti itu," terangnya.

3. Beruntung

Jadi, Anda tergolong dalam orang beruntung. "Sekelilingmu kena (covid-19), tapi kamu enggak kena. Ya, memang beruntung. The chosen kita bilangnya," ungkapnya.

Jadi kalau Anda sampai saat ini tidak terpapar covid-19, Dokter Tirta menyarankan untuk memperbanyak bersyukur.

Baca juga: Hilang Indra Penciuman Jangan Panik, Simak Cara Sembuh Anosmia ala Dokter Tirta 

"Sebab, bisa jadi imun sekelilingmu ada yang rendah, sekelilingmu tidak sekuat kamu, sekelilingmu ada yang tidak sepatuh kamu menjalankan prokes. Makanya, jaga diri dan jaga sesamamu. Soal covid-19 ini pentingnya jaga diri dan jaga sesamamu. That's it," ungkapnya.

"Jaga kesehatan kita semua ya," tutup Dokter Tirta di video TikTok yang sudah disukai lebih dari 321 ribu kali tersebut.

(han)

1
1