Share

Bisakah Seseorang Sembuh Usai Didiagnosis Alami Kegagalan Multi Organ?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 13:24 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Time)

SESEORANG penderita penyakit kronis yang tidak terkontrol selama bertahun-tahun, dapat memicu terjadinya komplikasi. Jika tidak segera ditangani dengan baik, maka komplikasi tersebut dapat menimbulkan dampak buruk bagi organ tubuh yang berpotensi mengakibatkan kegagalan multi organ.

Dalam dunia medis kegagalan multi organ lebih dikenal sebagai multiple organ dysfunction syndrom (MODS). Ini adalah suatu kondisi dimana organ-organ vital penting dalam tubuh manusia seperti jantung, ginjal, paru-paru dan lain sebagainya tidak dapat berfungsi dengan baik.

Lantas apakah pasien yang telah didiagnosa menderita kegagalan multi organ masih memiliki peluang untuk sembuh? Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i mencoba memberikan penjelasannya mengenai hal tersebut.

Pasien Covid-19

Menurut dr. Fajri, kesempatan atau kemungkinan seseorang yang didiagnosis mengalami kegagalan multi organ bisa sembuh, tergantung dari keparahan dan seberapa parah tingkat kerusakan organ tubuhnya.

"Kalau ditanya apakah sembuh atau tidak, mungkin bisa sembuh ya. Tapi itu semua dilihat dari angka keparahannya. Ada yang angka keparahannya itu 50%, 60%, 70%, hingga 90%," kata dr. Fajri saat diwawancarai MNC Portal, Senin (23/8/2021).

Baca Juga : Penyebab Deddy Corbuzier Hampir Meninggal, Apakah Semua Pasien Covid-19 Alami Badai Sitokin?

Lebih lanjut, persentase tingkat keparahannya tersebut disebut fatality rate. Fatality rate bisa diartikan seberapa banyak kemungkinan seseorang meninggal dunia atau mengalami pemburukan akibat dari kegagalan organ yang mereka derita.

"Apakah ada peluang sembuh? Ya, bisa. Hanya persentasenya kecil. Ambil contoh, fatality ratenya 70%, kalau pasien tersebut sakit berat, artinya ada 70 orang yang meninggal dari 100 orang. Begitu juga sebaliknya, akan ada 30 orang dari 100 orang yang akan sembuh," tuntasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)