Share

Kemenkes Tegaskan Hasil Skrining PeduliLindungi Merah Dilarang Masuk Mal

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 19:23 WIB
$detail['images_title']
Hasil Skrinning PeduliLindungi merah (Foto dari WA Group yang bereda)

PEMERINTAH dalam hal ini Kemenkes memberlakukan skrining ketat sebelum memasuki area publik, misalnya mal. Salah satu syarat masuk mal adalah menunjukan kartu vaksin atau melakukan scan QR melalui aplikasi PeduliLindungi.

Jika hasil scan QR pengunjung menunjukkan warna hijau, maka pihak mal boleh mempersilahkannya masuk. Tapi, jika hasilnya merah, maka petugas keamanan pintu masuk mal wajib melarang orang tersebut masuk mal.

"Kalau hasil scan QR warnanya merah, itu dilarang masuk mal karena pengunjung tersebut sedang sakit atau skrining kesehatannya tidak sedang fit," kata Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, melalui pesan singkat, Jumat (20/8/2021).

Peduli Lindungi

Dari foto yang beredar di media sosial, saat hasil scan QR merah, informasi yang keluar dari aplikasi PeduliLindungi ialah 'Maaf, Anda tidak dapat masuk. Jika Anda dalam keadaan sakit, mohon untuk tetap berada di dalam rumah.'

Baca Juga : Cara Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19, Ikuti 8 Langkah Ini

Ya, orang sakit dilarang masuk mal ini sudah menjadi aturan yang diberlakukan pemerintah. Tak hanya itu, pemerintah pun melarang anak-anak di bawah 12 tahun dan para lansia di atas 65 tahun masuk mal.

Kelompok tersebut dianggap rentan terpapar Covid-19 dan ada baiknya memang tidak diajak bepergian atau melakukan mobilitas di situasi seperti sekarang.

Sementara itu, di WhatsApp Group dikabarkan ada seorang warga yang hasil scan QR PeduliLindungi-nya merah dan dia dilarang masuk lalu marah-marah. Kabar ini menyeruak cepat sebagai pesan berantai namun belum jelas sumber utamanya.

(hel)