Share

Kacang Hijau Kaya Nutrisi, Bolehkah Dimakan dalam Jumlah Banyak Setiap Hari?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 20:27 WIB
$detail['images_title']
Kacang hijau salah satu makanan sehat bernutrisi. (Foto: Shutterstock)

KACANG hijau adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Kacang hijau biasanya disantap dalam bentuk sup, dijadikan bubur, atau sebagai isian berbagai macam menu makanan lainnya.

Ternyata di balik bentuknya yang sederhana, kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang melimpah dan diperlukan tubuh. Lantas, berapa asupan ideal kacang hijau yang bisa dikonsumsi per hari?

Baca juga: Kacang Hijau Baik untuk Penderita Diabetes, Ini Alasannya 

Dirangkum dari laman Medical News Today, Jumat (20/8/2021), menurut United States Departement of Agriculture (USDA), setengah cup atau 100 gram kacang hijau bisa menjadi standar asupan harian. Dalam 100 gram kacang hijau mengandung 7,02 gram protein; 19,15 gram karbohidrat (2 gram gula di dalamnya); dan 7,60 gram serat pangan.

Kacang hijau. (Foto: Smithsoniapapa)

Kacang hijau juga merupakan sumber vitamin B yang baik dan diperlukan oleh tubuh. Selain itu, kacang hijau mampu memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh otak.

Baca juga: Manfaat Kacang Hijau, Obati Jerawat hingga Atasi Masalah Kulit 

Kacang hijau adalah sumber vitamin B-9 yang sangat baik, membantu tubuh membuat DNA. Folat sangat penting sebelum dan selama kehamilan, karena membantu mencegah beberapa kelainan kelahiran.

Lalu berapa jumlah porsi kacang hijau yang baik dikonsumsi seseorang?

Menurut Holland and Barret, hanya dengan satu porsi (100 gram) kacang hijau mengandung begitu banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin B, zat besi, kalsium, kalium dan magnesium dan kalori.

Oleh karena itu, Office for Disease Prevention and Health PromotionTrusted Source menyebut kacang hijau bisa menjadi makanan yang menyehatkan.

Baca juga: Manfaat Kacang Hijau untuk Kecantikan, Nomor 2 Tumbuhkan Rambut 

Namun, kuantitas seseorang dalam mengonsumsi kacang hijau juga harus diperhatikan. Meskipun kacang hijau kaya vitamin dan mineral, seseorang perlu menjadikannya dan makanan nabati lainnya sebagai bagian utama dari beberapa makanan mereka untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya.

Kacang hijau. (Foto: Medicalnewstoday)

Sebuah penelitian menyebut pola makan nabati adalah cara penting bagi orang untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Baca juga: Selain Enak, Ini 4 Khasiat Makan Kacang Hijau untuk Buka Puasa 

Salah satu cara untuk memasukkan banyak makanan nabati ke hidangan adalah dengan memasak makan malam yang besar dan menyimpan porsi yang cukup untuk dikonsumsi pada siang harinya.

Anda bisa mengulangi kebiasaan ini sepanjang pekan untuk memastikan seseorang cukup dalam mengonsumsi makanan nabati.

1
2