Share

Studi: Mayoritas Anak Tidak Alami Long Covid-19 Usai Dinyatakan Sembuh

Antara, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 23:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi anak-anak tidak mengalami long covid-19. (Foto: Freepik)

SEBUAH studi di Inggris mengungkap sebagian besar anak-anak pulih dari covid-19 dalam sepekan. Mereka juga tidak mengalami long covid-19.

Para peneliti dari The Lancet Child and Adolescent Health menemukan hanya sekira 4,4 persen dari 1.734 anak-anak yang mengalami gejala covid-19 selama lebih dari empat minggu. Gejala yang paling sering dialami yakni kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan kemampuan indera penciuman.

Baca juga: Kenali Gejala Long Covid-19 pada Anak yang Bisa Muncul Kapan Saja 

Untuk sampai pada temuan ini, para peneliti melibatkan 250.000 anak di Inggris yang berusia 5 hingga 17 tahun. Studi dilakukan pada September 2020 dan 22 Februari 2021.

Ilustrasi anak-anak. (Foto: Freepik)

"Data ini meyakinkan keluarga, orangtua, guru, dan anak-anak yang terkena dampak," kata Emma Duncan, penulis utama studi ini sekaligus profesor endokrinologi klinis dari King's College London, seperti dikutip dari Time, Senin (16/8/2021).

Baca juga: 8 Cara Atasi Nyeri Sendi Usai Terinfeksi Covid-19 

Hasil studi ini muncul di tengah perdebatan tentang seberapa luas vaksinasi remaja. Sejauh ini pihak berwenang Inggris hanya akan menargetkan anak-anak berusia 12 sampai 17 tahun dengan kondisi kesehatan mendasar untuk mendapatkan suntikan covid-19.

Analisis dilakukan sebelum covid-19 varian delta yang menyebar cepat menjadi dominan di Inggris. Tim peneliti menyatakan data yang berkaitan dengan varian delta pada anak-anak sejauh ini cocok dengan apa yang terlihat dengan varian sebelumnya.

(han)

1
1