Share

Ketahui Pengobatan untuk Penyakit Multiple Sclerosis

Antara, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 17:27 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi penyakit multiple sclerosis. (Foto: Irishtimes)

MULTIPLE sclerosis adalah penyakit penonaktifan yang berpotensi mempengaruhi sistem saraf pusat, terutama otak, sumsum tulang belakang, serta saraf optik. Multiple Sclerosis disebut sebagai penyakit progresif dari sistem saraf yang menyebabkan masalah komunikasi antara otak dan seluruh tubuh.

"Multiple sclerosis bisa menyerang siapa saja, anak muda, lebih banyak wanita daripada pria, dan biasanya antara kelompok usia 20 hingga 40 tahun," ungkap Dokter Praveen Gupta, director-neurology at Fortis Memorial Research Institute India, seperti dilansir laman Indian Express.

Baca juga: Mengenal Penyakit Multiple Sclerosis, Ketahui Juga Gejalanya 

Multiple sclerosis menyebabkan sistem kekebalan memengaruhi selubung pelindung yang disebut myelin yang menutupi serabut saraf yang menyebabkan masalah komunikasi. Pada waktunya, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan atau kemunduran saraf yang sifatnya permanen.

Penyakit multiple sclerosis. (Foto: Shutterstock)

Gejala dari kondisi ini sangat bervariasi dan terutama bergantung pada saraf mana yang terpengaruh dan jumlah kerusakan yang ditimbulkan. Mereka yang memiliki multiple scleeosis parah mungkin kehilangan kemampuan untuk berjalan secara mandiri, sementara yang lain mungkin menderita remisi untuk waktu yang lebih lama tanpa menunjukkan gejala baru.

Baca juga: 4 Cara Jitu Bikin Anak Tidak Bosan Belajar Daring di Rumah 

Meskipun tidak ada obat yang pasti untuk penyakit multiple sclerosis, pengobatan biasanya berfokus pada memperlambat perkembangan penyakit, pemulihan yang cepat dari serangan dan tremor dan mengelola gejalanya.

Beberapa pilihan pengobatan yang biasa dianjurkan termasuk kortikosteroid, diresepkan untuk mengurangi peradangan saraf. Namun, kemungkinan ada beberapa efek samping seperti insomnia, peningkatan tekanan darah dan perubahan suasana hati.

Follow Berita Okezone di Google News

Pertukaran plasma. Plasma dipisahkan dan dikeluarkan dari sel darah di tubuh Anda. Sel darah tersebut kemudian dicampur dengan albumin yang merupakan larutan protein dan dimasukkan kembali ke tubuh Anda.

Perawatan pertukaran plasma ini adalah pilihan ketika gejala Anda baru dan parah, dan tubuh Anda belum merespons steroid dengan baik.

Baca juga: Najwa Shihab Ungkap Olahraga Favoritnya, Makin Rajin Digeluti Selama Pandemi 

Mengatasi mobilitas dan keseimbangan. Untuk mengatasi hal ini, terapi fisik mungkin direkomendasikan dan obat-obatan seperti dalfampridine untuk mengatasi masalah tersebut dapat digunakan.

Untuk mengatasi tremor dari multiple sclerosis, alat bantu atau memasang beban pada anggota badan mungkin direkomendasikan untuk mengurangi guncangan. Suntikan antikonvulsan atau alkohol dapat membantu meredakan neuralgia trigeminal atau rasa nyeri.

Penderita multiple sclerosis mungkin mengalami kekakuan atau kejang yang menyakitkan, terutama di kaki. Relaksan otot dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan.

Baca juga: Yuk Bikin Kaya Toast ala Rumahan, Dijamin Rasanya Enak seperti Buatan Kafe 

Untuk mengurangi kelelahan akibat multiple sclerosis, bisa diberikan beberapa obat yang juga dapat membantu meningkatkan kecepatan berjalan pada beberapa orang.

Obat-obatan juga dapat diresepkan untuk nyeri, depresi, insomnia, dan masalah kandung kemih yang berhubungan dengan multiple sclerosis. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil obat-obatan tersebut.

1
3