Share

Podcast Kata Dokter Eps. 25 Sebenarnya Ivermectin Obat Untuk Apa?

MNC Media, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 14:09 WIB
$detail['images_title']
Podcast Kata Dokter (Foto: MNC Media)

SAAT ini, pengobatan yang dilakukan untuk pasien Covid-19 hanya bersifat menyembuhkan gejala. Misalnya, pemberian oksigen untuk membantu pasien bernapas dan mengobati gejala atau komplikasi karena infeksi corona. Namun, belum ada obat yang benar-benar bisa langsung menargetkan virus penyebab Covid-19 tersebut. Kira-kira obat apasih yang dapat menyembuhkan virus corona ini?

Pada Podcast Kata Dokter Eps. 25 kali ini akan membahas tentang salah satu obat bernama ivermectin yang sedang ramai di perbincangkan karena dirasa ampuh untuk mengobati seseorang yang positif dari virus covid-19.

Podcast Kata Dokter

Dr. Nadia Alaydrus kaliini kita akan membagikan fakta unik yang harus kalian tau tentang obat Ivermectin yang lagi heboh di masyarakat. Ivermectin sebenarnya sudah digunakan sejak lama tetapi kegunaan nya sebagai obat untuk membasmi infeksi cacing parasit pada tubuh manusia dan hewan. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi infeksi kutu dan tungau, misalnya pada penyakit kudis. Lalu setelah muncul virus covid-19 mengapa obat ivermectin dianggap ampuh untuk menyembuhkan?

Sebelum percaya dengan keampuhan obat ini, perlu adanya uji klinis yang tepat. Karena dalam penggunaan obat masyarakat tidak boleh di asal-asalan, apalagi hanya mengetahui info melalui media sosal saja akan menyebabkan permasalahan yang lebih serius.

Baca Juga : Podcast Kata Dokter, Ketahui Bahaya Olahraga saat Vaksin Covid 19

Ivermectin adalah obat yang seharusnya diminum dalam jangka waktu enam bulan sekali, tetapi harus diubah menjadi diminum setiap hari, pastinya ini sangat berbahaya dan harus dengan dosis yang tepat dengan indikasi yang tepat juga. Jika penggunaan obat ini tidak memakai resep dan anjuran dokter bisa menyebabkan overdosis.

Mau tau kelanjutan dari Podcast Kata Dokter Eps. 25? Yuk dengerin kisah selengkapnya di Radio+ bagian dari RCTI+. Unduh aplikasi RCTI+ di Google Play Store dan Apple App Store.

#Okezonecom #Okezone #podcast #ivermectin #obatobatan #covid-19 #covid #corona #roov #radio+ #rcti+

(hel)