Share

Studi: 83% Orang Tidur Mendengkur, Mayoritas Dialami Pria

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 06:36 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi tidur mendengkur. (Foto: Jcomp/Freepik)

TIDUR mendengkur atau mengorok ternyata cukup banyak ditemukan dalam kehidupan manusia. Menurut sebuah studi terbaru, sebanyak 83 persen orang mendengkur sendiri, atau tinggal dengan seseorang yang mendengkur.

Menariknya, studi tersebut juga mengungkap bahwa pria memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk mendengkur atau mengorok dibandingkan wanita. Demikian dikutip dari laman Thebreeze.co.nz, Senin (9/8/2021).

Baca juga: Kesal Pasangan Pasangan Sering Ngorok, Atasi dengan Akupunktur 

Walaupun telah menjadi sesuatu yang sangat umum, tetap saja perilaku tersebut dianggap sebagai sebuah tindakan yang mengganggu, bahkan mungkin "aib".

Ilustrasi tidur mendengkur.

Studi terhadap 2.000 orang dewasa yang dilakukan oleh Mute Snoring ini mengungkap bahwa 46 persen di antaranya merasa "malu" saat tidur mendengkur. Lalu lebih dari 1 per 10 orang di antaranya takut menghabiskan malam dengan pasangan yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Baca juga: Cek Fakta: Tidur Ngorok Terjadi karena Kelelahan 

Sementara itu lebih dari seperempat responden mengaku sering ditendang di balik selimut oleh pasangannya dalam upaya membungkam dengkuran.

Selanjutnya studi tersebut juga mengungkap bahwa hampir 30 persen responden tes mengeluh memiliki pasangan yang tidur dengan dengkuran sangat keras hingga dapat mendengarnya melalui dinding, dan 22 persen yang malu bahkan memiliki dengkuran yang direkam oleh teman atau pasangan.

(han)

1
1