Share

Mau Beli Vaksin Sendiri di Apotek, Bagaimana Caranya?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 11 Juli 2021 13:33 WIB
$detail['images_title']
Vaksinasi Covid-19 (Foto: Prevention)

MULAI Senin (12/7/2021) mendatang, masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi secara mandiri bisa beli vaksin di klinik Kimia Farma. Hal ini sejalan dengan hasil riset yang dilakukan beberapa lembaga.

Hasil riset tersebut mencatat banyak permintaan dari kelompok masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi secara individu agar segera mendapat perlindungan kesehatan pribadi.

 Vaksin Covid-19

Kimia Farma rencananya akan membuka klinik Vaksinasi Gotong Royong (VGR) sebagai bagian dari percepatan embentukan kekebalan komunal (herd immunity) sehingga pemulihan perekonomian nasional dapat berjalan lebih cepat.

"Pelayanan Vaksinasi Individu oleh Kimia Farma Group ini merupakan upaya untuk mengakselerasi penerapan Vaksinasi Gotong Royong dalam membantu program vaksinasi Indonesia untuk mencapai herd immunity secepat-cepatnya," ujar Wakil Menteri BUMN Pahala N. Mansury dalam keterangannya.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi secara mandiri bisa melakukan pendaftaran melalui call centre Kimia Farma maupun di website milik Kimia Farma.

Adapun delapan klinik Kimia Farma yang akan menjual vaksin di tahap awal adalah:

1. Jakarta KF Senen, kapasitas 200 orang per hari

2. Jakarta KF Pulogadung, kapasitas 200 orang per hari

3. Jakarta KF Blok M, kapasitas 100-200 orang per hari

4. Bandung KF Supratman (Drive Thru), kapasitas 200 orang per hari

5. Semarang KF Citarum, kapasitas 100 orang per hari

6. Solo KF Sukoharjo, kapasitas 500 orang per hari

7. Surabaya KF Sedati, kapasitas 200 orang per hari

8. Bali KF Batubulan, kapasitas 100 orang per hari

Harga vaksin Covid-19 yang dijual Kimia Farma ditetapkan sebesar Rp321.660 per dosis dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp117.910 per dosis.

Artinya untuk sekali vaksinasi, pelanggan harus merogoh kocek sebanyak Rp439.570. Dengan demikian, untuk dua kali vaksin seseorang akan menghabiskan uang sebanyak Rp879.140.

(DRM)