Share

Deteksi Kanker Ovarium dengan 10 Jari, Penyebab Kematian Terbanyak Ketiga di Indonesia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 09:40 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Kanker ovarium menjadi salah satu penyakit yang sering diderita para kaum hawa di dunia. Minimnya informasi dan pengetahuan masyarakat mengenai kanker ovarium menjadi salah satu penyebab utamanya. Penyakit ini menyumbang angka kematian nomor delapan akibat kanker pada perempuan di seluruh dunia.

Ketua Himpunan Onkologi dan Ginekologi Indonesia (HOGI), Prof. Dr. dr. Andrijono, Sp.OG(K) mengatakan kanker ovarium menyumbang angka kematian ketiga di Indonesia. Oleh sebab itu mengenal faktor risko dan deteksi dini kanker ovarium bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah penyakit ini.

“Gejala ovarium seringkali disalahartikan dengan gejala penyakit lain, sehingga sering luput dari perhatian dan baru ditemukan ketika telah mencapai stadium lanjut. Padahal jika dideteksi lebih awal, maka kanker ovarium dapat ditangani,” terang dr. Andrijono, dalam siaran pers ‘Kampanye 10 Jari – Deteksi Faktor Risiko dan Gejala Kanker Ovarium’, beberapa waktu lalu.

Kram Menstruasi

Baca Juga : Seksinya Gaya Maria Vania Pakai Tanktop Ketat Putih, Netizen: Gak Kuat Lihatnya!

Faktanya sebesar 20 persen kanker ovarium terdeteksi pada stadium awal. Sekira 94 persen pasien yang terdeteksi di stadium awal ini dapat hidup lebih dari lima tahun setelah diagnosis. Dalam kesempatan ini, dr. Andrijono pun menjelaskan beberapa hal yang selama ini salah diartikan oleh masyarakat.

“PAP Smear tes tidak dapat mendeteksi kanker ovarium. Selain itu tidak ada gejala spesifik sebaga penanda awal kanker ovarium. Oleh karena itu kampanye 10 jari akan membantu perempuan Indonesia lebih waspada terhadap kanker ovarium. Segera ke dokter, jika memiliki salah satu dari enam faktor risiko dan salah satu dari empat gejala kanker ovarium,” lanjutnya.

Berikut kampanye 10 jari untuk deteksi dini kanker ovarium, yuk disimak

Kenali 6 faktor risiko, diantaranya:

Kista endrometriosis

Ada keluarga yang menderita kanker ovarium dan payudara

Gaya hidup buruk

Angka paritas rendah

Penambahan usia

Mutasi genetik

Selain itu kenali pula 4 tanda dan ciri awal kanker ovarium, yakni

Nyeri panggul dan perut

Kembung

Nafsu makan berkurang

Sering buang air kecil

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)