Share

Gejala Baru Mutasi Covid-19 Langsung Menyerang Paru-Paru? Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 08:40 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi gejala baru mutasi covid-19. (Foto: Freepik)

BELUM lama ini beredar pesan berantai yang menyebut bahwa covid-19 yang sudah bermutasi memiliki gejala-gejala baru yang unik. Gejala baru mutasi covid-19 itu tidak menimbulkan panas, tapi menyerang langsung ke paru-paru penderitanya.

Disebutkan juga bahwa tes-tes yang tersedia saat ini seperti swab antigen dan swab PCR tidak dapat mendeteksi varian baru covid-19 tersebut. Lantas, apakah kabar ini fakta atau hoaks belaka?

Baca juga: Viral Daftar Obat Herbal Penyembuh Covid-19, Ini Faktanya 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Kamis (27/5/2021), dijelaskan bahwa informasi yang beredar tersebut belum terbukti kebenarannya.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

Belum ada bukti ilmiah terkait gejala baru pada covid-19 yang bermutasi. Menurut dr RA Adaninggar SpPD, covid-19 memang telah bermutasi dan lebih menular. Tetapi, gejalanya masih sama.

Baca juga: Cek Fakta: Paru-Paru Orang yang Divaksin Lebih Bersih saat Kena Covid-19 

Dengan gejala yang masih sama seperti sebelumnya, maka hingga saat ini pun varian baru covid-19 masih bisa terdeteksi dengan tes PCR.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi seperti postingan di media sosial atau pesan berantai di aplikasi chatting.

(han)

1
1