Share

Pentingnya Optimalisasi Kesehatan Jamaah Haji di Arab Saudi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 24 Mei 2021 11:43 WIB
$detail['images_title']
Jamaah haji (Foto: Daily Sabah)

Kepala Pusat Kesehatan Haji, Eka Jusup Singka menjelaskan pentingnya optimalisasi kesehatan jamaah haji di Arab Saudi, terlebih pada masa pandemi Covid-19. Alhasil, sangat penting untuk mengatur struktur teknis Kesehatan Haji di KJRI Jeddah.

Menurutnya hal tersebut bertujuan agar kualitas penyelenggaraan kesehatan jamaah haji di Arab Saudi dapat berjalan lebih optimal. Selain itu informasi teknis kesehatan haji juga dapat terus terpantau secara langsung di masa persiapan haji.

 jamaah haji

Eka mengatakan, belajar dari pandemi Covid-19, banyak tenaga teknis kesehatan dibutuhkan untuk membantu memulihkan kesehatan masyarakat.

"Di masa Pandemi Covid-19 tenaga teknis kesehatan sangat strategis dan dapat membantu penyelenggaraan haji secara umum, juga akan membantu koordinasi dengan pihak terkait terutama di Saudi,” terang Eka Jusup, merangkum dari laman resmi Puskes Haji Kemenkes RI, Senin (24/5/2021).

Usulan ini sebagai upaya pemerintah agar pelaksanaan kesehatan haji di Saudi lebih terukur dan akuntabilitasnya lebih terjamin. Mengingat banyaknya aset dan barang milik negara (BMN) milik Kemenkes yang berada di Jeddah, Mekkah dan Madinah yang nilainya ratusan milyar.

Eka menjelaskan, aset dan material kesehatan haji di Saudi harus terus terawat dan terkelola lebih baik. Sementara sudah hampir satu tahun ini sulit melakukan pengawasan dan perbaikan aset alat-alat kesehatan di Saudi.

"Kegiatan evakuasi jamaah haji pasca operasional juga perlu dilakukan dan dikoordinasikan oleh tenaga kesehatan yang memiliki skill khusus yang sangat teknis," tambahnya.

(DRM)