Share

Sering Keringat Dingin Usai Berolahraga? Waspada Penyakit Jantung!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 13:16 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Aktif berolahraga di masa pandemi adalah cara terbaik untuk menjaga kebugaran tubuh. Ini penting juga agar imunitas tidak loyo melawan segala penyakit, termasuk Covid-19. Tapi, Anda mesti waspada ketika usai berolahraga, keringat yang keluar itu bukan keringat biasa melainkan keringat dingin.

Sebab, menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Heartology Cardiovascular Center, dr Ario Soeryo Kuncoro, SpJP, keringat dingin usai olahraga itu adalah kondisi yang tak wajar dan mesti diobservasi lebih lanjut.

"Jika usai berolahraga muncul gejala seperti keringat dingin disertai nyeri dada yang berat, maka Anda perlu waspada penyakit jantung. Anda disarankan datangi dokter jantung untuk melakukan beberapa pemeriksaan supaya diagnosisnya lebih jelas," katanya dalam webinar kesehatan, belum lama ini.

Olahraga

Selain keringat dingin dan nyeri dada yang berat, beberapa gejala yang perlu diwaspadai usai berolahraga dan dikaitkan dengan serangan jantung atau kelainan jantung yang mengarah ke kondisi mengkawtairkan adalah keluhan pusing keleyengan, nyeri dada sebelah kiri yang terasa tembus ke belakang dan serasa dirobek.

"Gejala-gejala ini yang biasanya dikeluhkan pasien jantung saya, khususnya usai berolahraga. Untuk rasa nyeri dada tembus ke belakang dan ada rasa dirobek itu karena terjadi robekan pembuluh darah akibat olahraga berat," papar dr Ario.

Baca Juga : Heboh Foto Amanda Manopo 'Hamil' Tersebar, Netizen Makin Happy

Lebih lanjut, gejala lainnya adalah timbul irama jantung yang naik sesaat secara mendadak dan/atau irama jantung yang tidak teratur disertai pusing dan pandangan kabur.

"Kalau merasakan gejala-gejala itu usai olahraga, jangan anggap sepele karena itu bukan kondisi yang wajar terjadi usai berolahraga. Periksakan jantung Anda ke dokter untuk memastikan kesehatannya sebagai bentuk deteksi dini. Semakin cepat diketahui, semakin baik penanganan yang diberikan," tambahnya.

(hel)