Share

Makan Bawang Putih Bisa Ubah Hasil Tes Covid-19 Jadi Negatif? Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 07:16 WIB
$detail['images_title']
Bawang putih. (Foto: Wirestock/Freepik)

BELUM lama ini beredar informasi yang menyatakan makan bawang putih mentah dicampur garam bisa mengubah hasil tes covid-19 dari positif menjadi negatif hanya dalam kurun 15 menit. Kabar tersebut dengan cepat menyebar di linimasa media sosial, terutama di negara dengan angka kasus yang sedang tinggi yakni India.

Tentunya banyak orang penasaran dengan kebenaran informasi terkait bawang putih tersebut. Lantas, apakah ini fakta atau hanya hoaks?

Baca juga: Tak Mau Mulut Bau? Jangan Konsumsi 4 Makanan Ini saat Sahur 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Selasa (27/4/2021), dijelaskan bahwa faktanya informasi itu tidak benar.

Ilustrasi tes covid-19.

Hingga saat ini tidak ditemukan informasi dari otoritas kesehatan India maupun World Health Organization (WHO) terkait kebenaran informasi tersebut.

Baca juga: Tak Cuma Usir Vampir, Bawang Putih Bisa Bikin Awet Muda Lho 

Salah satu pendiri Indian Scientists Response to Covid-19, dr S Krishnaswamy, mengatakan bahwa bawang merah dan bawang putih memang memiliki senyawa yang menunjukkan aktivitas antivirus, namun kedua bahan tersebut tidak bisa menyembuhkan covid-19 atau membuat hasil tes positif menjadi negatif.

Salah satu cara yang bisa dilakukan masyarakat adalah menjaga imunitas tubuh dengan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 3M yakni Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, serta Menggunakan masker.

(han)

1
1