Share

Deretan Negara yang Menggunakan Vaksin AstraZeneca, Mana Saja?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 09:25 WIB
$detail['images_title']
Vaksin Covid-19 (Foto: Hindustan Times)

Keamanan penggunaan vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca sempat ramai diperbincangkan, terkait kasus terjadinya pembekuan darah pada orang yang telah menerima vaksin produksi AstraZeneca dan Oxford tersebut.

Namun akhirnya, pihak AstraZeneca pada Senin 22 Maret kemarin mengatakan panel independen tidak menemukan adanya resiko terjadinya penggumpalan darah yang lebih tinggi dari vaksin Covid-19 dalam uji coba besar di Amerika Serikat.

Secara keseluruhan vaksin AstraZeneca disebutkan memiliki efikasi hingga 79 persen dan 80 persen efektif digunakan pada kelompok orang lanjut usia (lansia).

Setelah mempertimbangkan banyak aspek, diketahui sejumlah negara di dunia telah memutuskan untuk kembali menggunakan vaksin AstraZeneca dalam menjalankan program vaksinasi nasional di negaranya masing-masing. Usai sebelumnya melakukan penangguhan pemakaian vaksin tersebut.

Mengutip Reuters, berikut daftar 15 negara di dunia yang kembali menggunakan vaksin AstraZeneca.

 Vaksin Covid-19

1. Australia

Regulator farmasi Australia mengumumkan mereka menyetujui pembuatan vaksin lokal oleh CSL

 

2. Bulgaria

Melanjutkan kembali program vaksinasi dengan salah satunya menggunakan vaksin AstraZeneca sejak 19 Maret 2021.

3. Siprus

Melakukan penangguhan pemakaian AstraZeneca pada 15 Maret, tapi empat hari kemudian memutuskan untuk kembali menggunakan AstraZeneca.

4. Prancis

Regulator medis Perancis diketahui menyetujui penggunaan kembali vaksin AstraZeneca sejak 19 Maret lalu, tapi dengan catatan hanya boleh digunakan pada orang berusia 55 tahun dan di atasnya.

5. Jerman

Sama seperti Bulgaria dan Siprus, Jerman juga sudah kembali memakai vaksin AstraZeneca sejak 19 Maret 2021.

6. Indonesia

Sempat menangguhkan pemakaian vaksin AstraZeneca sejak pekan lalu. Namun akhirnya penggunaannya diberi izin oleh Badan POM, tapi dengan catatan peringatan khusus, tak boleh disuntikkan kepada orang-orang dengan penyakit pembekuan darah.

7. Irlandia

Usai lima hari melakukan penangguhan, Irlandia akhirnya memutuskan untuk menggunakan vaksin Covid-19 dari AstraZeneca pada 19 Maret lalu untuk semua orang yang sudah berusia 18 tahun ke atas.

8. Italia

Kembali menggunakan vaksin AstraZeneca pada 19 Maret, tapi sekaligus juga akan memberikan pilihan vaksin lain pada penduduk yang tidak mau divaksin dengan AstraZeneca.

9. Latvia

Sejauh ini Latvia menyebutkan akan segera memulai kembali vaksinasi nasional menggunaka vaksin AstraZeneca.

10. Lithuania

Kembali menyelenggarakan vaksinasi pada 19 Maret 2021 memakai vaksin AstraZeneca.

11. Belanda

Menteri Kesehatan Belanda pada 18 Maret lalu mengatakan bahwa Belanda akan kembali memakai vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca pada pekan ini.

12. Korea Selatan

Presiden Moon Jae-In berencana akan divaksinasi dengan vaksin AstraZeneca, setelah pemerintah mengatakan vaksin AstraZeneca bisa digunakan untuk kelompok orang lanjut usia.

13. Spanyol

Spanyol akan kembali melanjutkan program vaksinasi nasionalnya, salah satunya memakai vaksin AstraZeneca pada Rabu esok.

14. Taiwan

Ditandai dengan sang Perdana Menteri, Su Tseng-chang yang divaksin dengan vaksin AstraZeneca saat Taiwan memulai program imuninasi.

15. Thailand

Negara Gajah Putih satu ini diketahui sudah kembali memakai vaksin AstraZeneca, sejak 15 Maret lalu. Ditandai dengan sang Perdana Menteri, Chan-Ocha sebagai orang pertama yang divaksinasi memakai vaksin tersebut. Setelah sebelumnya Thailand sempat menangguhkan pemakaian AstraZeneca pada satu pekan sebelumnya.

(DRM)